PERAN GURU PAI DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN ANTI NARKOBA SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN PENGGUNAAN ZAT ADIKTIF PADA SISWA DI SMA NU JUNTINYUAT KABUPATEN INDRAMAYU

Rumli, 14166210007 (2020) PERAN GURU PAI DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN ANTI NARKOBA SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN PENGGUNAAN ZAT ADIKTIF PADA SISWA DI SMA NU JUNTINYUAT KABUPATEN INDRAMAYU. Masters thesis, S-2 Pendidikan Agama Islam.

[img]
Preview
Text
AWALAN -DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (269kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK RUMLI “PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN ANTI NARKOBA SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN PENGGUNAAN ZAT ADIKTIF PADA SISWA DI SMA NU JUNTINYUAT KABUPATEN INDRAMAYU” Gerakan Anti Narkoba merupakan salah satu program yang dilakukan di Sekolah Menengah Atas Nahdlatul Ulama Juntinyuat Indramayu. Tujuan gerakan anti narkoba adalah untuk mencegah peredaran dan pemakaian zat adiktif di lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa implementasi gerakan anti Narkoba di SMA NU Juntinyuat Indramayu telah berjalan dengan baik. Adapun kegiatan tersebut terdiri dari tiga tahapan antara lain; (1) Proses Perencanaan Program diawal tahun pelajaran, (2) Sosialisasi Program, dan (3) Pencegahan (Primer, Sekunder dan Tersier). Peran guru pendidikan agama Islam cukup aktif dan efektif turut serta dalam menanggulangi kenakalan siswa di SMA NU Juntinyuat, hal ini dibuktikan dengan guru pendidikan agama Islam melakukan tanggung jawabnya sebagai korektor, motivator, mediator dan pembimbing siswa. Adapun bentuk penyalahgunaan pengunaan zat adiktif oleh siswa SMA NU Juntinyuat berupa; (1) Menggunakan Pil, (2) Meminum Oplosan, dan (3) Merokok. Faktor yang menghambat penerapan Gerakan Anti Narkoba berasal dari dua faktor; (1) Kurangnya perhatian keluarga terhadap anak, (2) Pergaulan dengan teman yang menggunakan zat adiktif. Kedua faktor ini sangat kuat dalam mempengaruhi penggunaan zat adiktif pada siswa. Kata Kunci: Peran Guru PAI, Gerakan Anti Narkoba, Zat Adiktif.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 19 Feb 2024 03:35
Last Modified: 19 Feb 2024 03:36
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12690

Actions (login required)

View Item View Item