PEMIKIRAN KH. MUHAMMAD AMIN HALIM TENTANG KESAMAAN AKSES PENDIDIKAN BAGI PEREMPUAN DI PONDOK PESANTREN MU’ALLIMAT BABAKAN CIWARINGIN CIREBON

Abdul Rozak, (2020) PEMIKIRAN KH. MUHAMMAD AMIN HALIM TENTANG KESAMAAN AKSES PENDIDIKAN BAGI PEREMPUAN DI PONDOK PESANTREN MU’ALLIMAT BABAKAN CIWARINGIN CIREBON. Masters thesis, S-2 Pendidikan Agama Islam.

[img]
Preview
Text
AWALAN -DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (778kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (252kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ABDUL ROZAK. NIM. 14166310044. “Pemikiran KH. Muhammad Amin Halim Tentang Kesamaan Akses Pendidikan Bagi Perempuan di Pondok Pesantren Mu’allimat Babakan Ciwaringin Cirebon” Permasalahan persamaan hak antara laki-laki dan perempuan senantiasa menjadi pembahasan yang menarik terutama dalam konsep pendidikan. Hal inilah yang kemudian melahirkan banyak konsep pemikiran dari para tokoh dan salah satunya adalah KH. Muhammad Amin Halim, seorang ulama yang memiliki komitmen dan konsistensi dalam masalah pendidikan perempuan. Permasalahan yang muncul kemudian yaitu belum dapat diuraikan konsep yang utuh tentang kesamaan akses perempuan dalam pendidikan dalam perspektif K.H. Muhammad Amin Halim, sehingga penulis belum dapat mengidentifikasi secara utuh implementasi konsep yang diterapkan di Pondok Pesantren Mu’allimat Babakan Ciwaringin Cirebon. Berdasarkan pada pemikiran dan latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kesamaan akses pendidikan bagi perempuan di Pondok Pesantren Mu’allimat berdasarkan pemikiran KH. Muhammad Amin Halim. Penelitian ini didasarkan pada teori penelitian biografi di mana jenis penelitian yang diambil adalah kualitatif dengan pendekatan field research, di mana sumber data utama yang digunakan adalah keluarga KH. Muhammad Amin Halim. Adapun dalam pengumpulan datanya menggunakan instrumen wawancara dan observasi yang kemudian diolah menggunakan teknik analisis data melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan membuat kesimpulan. Berdasarkan temuan hasil penelitian ini ditemukan beberapa hal yaitu: 1) Pemikiran KH. Muhammad Amin Halim tentang kesamaan akses perempuan dalam pendidikan meliputi kesamaan akses menjadi pendidik dan kesamaan akses mendapatkan pengajaran. 2) Implementasi pemikiran KH. Muhammad Amin Halim di Pondok Pesantren Mu’allimat Babakan Ciwaringin Cirebon terwujudkan dalam bentuk kurikulum kesetaraan gender dan pemenuhan fasilitas serta sarana belajar yang memadai untuk perempuan. 3) Relevansi pemikiran KH. Muhammad Amin Halim dengan pendidikan Islam pada era modern adalah pendidikan Islam yang berkeadilan gender, pemberdayaan perempuan dalam pendidikan Islam dan pendidikan Islam yang berorientasi pada fitrah perempuan. Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa akses perempuan dalam pendidikan di Pondok Pesantren Mu’allimat Babakan Ciwaringin Cirebon memiliki kesamaan dengan akses pendidikan yang diberikan kepada laki-laki. Kata Kunci: KH. Muhammad Amin Halim, Akses Perempuan dalam Pendidikan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 19 Feb 2024 03:46
Last Modified: 19 Feb 2024 03:46
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12692

Actions (login required)

View Item View Item