Manajemen Pengelolaan Wakaf Perspektif Fiqih Kontemporer Dan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf (Studi Kasus Badan Wakaf Al-Qur'an Kota Cirebon)

Nur Muchamad Romadon, (2024) Manajemen Pengelolaan Wakaf Perspektif Fiqih Kontemporer Dan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf (Studi Kasus Badan Wakaf Al-Qur'an Kota Cirebon). Bachelor thesis, S1 Hukum Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
2008202035_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2008202035_2_bab1.pdf

Download (780kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2008202035_6_bab5.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2008202035_7_dafpus.pdf

Download (534kB) | Preview

Abstract

Dalam wakaf manajemen diperlukan sebagai upaya agar kegiatan mengelola wakaf dapat berjalan secara efektif dan efisien. Agar manajemen wakaf yang dilakukan mengarah kepada kegiatan wakaf secara efektif dan efisien, manajemen perlu dijelaskan berdasarkan fungsi-fungsinya. Dalam penerapan fungsi manajemen pada Badan Wakaf Al-Qur’an memiliki peranan yang baik dalam mengelola wakaf dari masyarakat sehingga dapat memudahkan masyarakat untuk menyalurkan bantuannya kepada pihak yang membutuhkan. Namun tidak dipungkiri sedikit banyaknya pasti memiliki kendala dalam penerapan fungsi manajemen tersebut dikarenakan rendahnya minat masyarakat untuk berwakaf di Badan Wakaf Al-Qur’an, kurangnya informasi masyarakat dalam berwakaf di Badan Wakaf Al-Qur’an dan kurangnya pengetahuan masyarakat tentang Badan Wakaf Al-Qur’an Kota Cirebon. Dengan ini jumlah masyarakat yang menyalurkan wakafnya ke Badan Wakaf Al-Qur’an Kota Cirebon memiliki pengaruh besar untuk keberlangsungan jalannya kegiatan wakaf di Badan Wakaf Al-Qur’an Kota Cirebon. Oleh karena itu, agar dapat dioptimalkan manajemen pengelolaan wakaf tersebut peneliti mengkaji dengan pandangan Fiqih Kontemporer dan Undang-undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Manajemen Pengelolaan Wakaf di Badan Wakaf Al-Qur’an Kota Cirebon”, “Pandangan Fiqih Kontemporer terhadap Manajemen Pengelolaan Wakaf di Badan Wakaf Al-Qur’an Kota Cirebon”, dan “Manajaemen Pengelolaan Wakaf di Badan Wakaf Al-Qur’an Kota Cirebon Menurut Undang-undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus serta jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dan dilengkapi oleh sumber data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini adalah pertama, manajemen pengelolaan wakaf di Badan Wakaf Al-Qur’an kota Cirebon ini sudah menerapkan fungsi-fungsi manajemen, yakni planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), actuating (pelaksanaan/penggerakan), dan controlling (pengawasan). Kedua, manajemen pengelolaan wakaf di Badan Wakaf Al-Qur’an kota Cirebon dalam prespektif Fiqih Kontemporer ini menggunakan metode ijtihad yang digunakan dalam penetapan hukum wakaf kontemporer dengan menggunakan ketiga metode, yakni bayani, qiyasi, dan. Ketiga, manajemen pengelolaan wakaf di Badan Wakaf Al-Qur’an kota Cirebon dalam prespektif Undang-undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf terhadap manajemen pengelolaan wakaf di Badan Wakaf Al-Qur’an kota Cirebon sudah sesuai dengan adanya penyurveian yang dilakukan oleh Badan Wakaf Indonesia (BWI) Peraturan Pemerintah Nomor 42 tahun 2006 tentang Pelaksanaan Undang undang No. 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf Pasal 56 56. Kata Kunci: Manajemen, Wakaf, Fiqih Kontemporer, dan Undang-undang Wakaf.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 01 Mar 2024 07:46
Last Modified: 01 Mar 2024 08:13
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12702

Actions (login required)

View Item View Item