Analisis Tentang Transaksi E-Toll Card Di Pt. Jasa Marga (Persero) Tbk - Cabang Palikanci Dalam Perspektif Fatwa Mui No: 116/Dsn-Mui/Ix/2017 Tentang Uang Elektronik Syariah

Intan Palira, (2024) Analisis Tentang Transaksi E-Toll Card Di Pt. Jasa Marga (Persero) Tbk - Cabang Palikanci Dalam Perspektif Fatwa Mui No: 116/Dsn-Mui/Ix/2017 Tentang Uang Elektronik Syariah. Bachelor thesis, S1 Hukum Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
2008202031_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2008202031_2_bab1.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2008202031_6_bab5.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2008202031_7_dafpus.pdf

Download (271kB) | Preview

Abstract

PT. Jasa Marga Tbk (Persero) – Cabang Palikanci merupakan salah satu Anak Perusahaan PT. Jasa Marga yang mengoperasikan jalan tol, Ruas Jalan Tol Palikanci dikelola oleh Representative Office 2 dengan menggunakan sistem ruas tertutup khusus untuk jalan tol dengan sistem tertutup terintregasi batas waktu perjalanan akan menyesuaikan antara kecepatan rata-rata kendaraan dengan jarak atau Panjang jalan tol, sehingga sering terjadi e-Toll expired atau e-Toll kedaluwarsa oleh beberapa pengguna jalan tol Palikanci. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi transaksi e-Toll Card dan mengetahui hukum islam terhadap e-Toll Card dalam perspektif fatwa DSN-MUI. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif, dan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pertama, implementasi transaksi e-Toll Card di PT. Jasa Marga Tbk (Persero) – Palikanci sudah 100% menggunakan e-Toll Card, Tol Palikanci berada diruas culshter 2 atau ruas transjawa dimulai dari Cirebon sampai Semarang dengan sistem ruas tertutup yang berarti pengguna jalan tol melakukan 2 kali transaksi pada saat masuk hanya terbaca dan membuka portal kemudian bayar tarif di pintu gerbang tol pada saat keluar. Dapat dipahami bahwa Sebagian pengguna jalan tol belum sepenuhnya mengetahui mekanisme e-Toll expired dan denda yang dikenakan oleh beberapa petugas jalan tol. Kedua, bahwa transaksi e-Toll di PT. Jasa Marga Tbk (Persero) – Palikanci ditinjau dari Fatwa DSN-MUI NO: 116/IX/2017 tentang Uang Elektronik Syariah termasuk kategori akad qardh dan transaksi e-Toll expired termasuk perbuatan pungutan liar (Pungli). Karena, terdapat penambahan biaya seperti denda yang dibebankan kepada pengguna e-Toll Card. Kata Kunci : Hukum Islam, Transaksi, E-toll Card.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 01 Mar 2024 07:47
Last Modified: 01 Mar 2024 08:11
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12703

Actions (login required)

View Item View Item