Implementasi Pendistribusian Dan Pendayagunaan Dana Zakat Melalui Program Cirebon Sejahtera Di Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Cirebon Perspektif Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat

Dwi Sri Rahayu, (2024) Implementasi Pendistribusian Dan Pendayagunaan Dana Zakat Melalui Program Cirebon Sejahtera Di Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Cirebon Perspektif Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat. Bachelor thesis, S1- Hukum Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
2008202009_1_cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2008202009_2_bab1.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2008202009_6_bab5.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2008202009_7_dafpus.pdf

Download (250kB) | Preview

Abstract

Zakat adalah bagian tertentu dari harta yang diwajibkan Allah SWT untuk diberikan kepada orang yang berhak. Zakat produktif adalah zakat yang dikelola dengan cara produktif, yang dilakukan dengan cara pemberian modal usaha kepada para fakir dan miskin sebagai penerima zakat dan kemudian dikembangkan, untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka untuk masa yang akan datang. Kesejahteraan menjadi keinginan bagi setiap masyarakat. Namun, untuk memperoleh kesejahteraan tidaklah mudah, rendahnya tingkat kesejahteraan akhirnya membuat masyarakat jatuh dalam kemiskinan. Islam dalam mengatur kehidupan manusia termasuk dengan perekonomian memberikan solusi dalam menghadapi kemiskinan, salah satunya melalui zakat. Zakat berfungsi untuk membentuk ketakwaan dalam kehidupan sosial masyarakat, seperti menumbuhkan rasa kepedulian dan kecintaan terhadap masyarakat yang lebih membutuhkan, sehingga dapat berfungsi sebagai pengentas kemiskinan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi pendistribusian dana zakat melalui program Cirebon Sejahtera di Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Cirebon perspektif Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat. Metodologi penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang dilakukan sebelum dan sesudah dilapangan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah implementasi pendistribusian dan pendayagunaan dana zakat di BAZNAS Kabupaten Cirebon dalam bentuk kegiatan pemberian bantuan modal usaha, pelatihan keterampilan dan pemberdayaan untuk meningkatkan pendapatan dan kemampuan mustahik. Dan implementasi pendistribusian dana zakat melalui program Cirebon Sejahtera di BAZNAS Kabupaten Cirebon sudah sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang ada dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat dibuktikan dengan pelaksanaan program yang tidak melanggar syariat Islam, berdasarkan prioritas mustahik, tujuan program ini telah membantu mustahik mempunyai usaha. Kata Kunci: Pendistribusian, Zakat dan Undang-Undang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 01 Mar 2024 07:55
Last Modified: 01 Mar 2024 08:07
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12708

Actions (login required)

View Item View Item