Efektivitas Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Qiro’ati Melalui Media Dalam Jaringan (Daring) di SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Cirebon.

Mahathir Akbar, (2020) Efektivitas Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Qiro’ati Melalui Media Dalam Jaringan (Daring) di SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Cirebon. Masters thesis, S-2 Pendidikan Agama Islam.

[img]
Preview
Text
COVER TESIS.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mahathir Akbar: Efektivitas Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Qiro’ati Melalui Media Dalam Jaringan (Daring) di SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Cirebon. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap penerapan dan juga keefektifan pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Qiro’ati melalui media jaringan atau daring di SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Cirebon.Kemudian penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dari pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Qiro’ati melalui media dalam jaringan (daring) di SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Cirebon. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analitik dengan cara mengumpulkan semua data dari observasi di lapangan, wawancara, dokumen resmi/tidak resmi, dan foto/gambar hasil penelitian. Data tersebut kemudian dikumpulkan, dipelajari, ditelaah, dianalisa dan disimpulkan dalam bentuk deskripsi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) penerapan pembelajaran Al-Qur’an dengan daring dilaksanakan dengan cara tiga tahap, yaitu Perencanaan, Proses, dan Penilaian. (2) Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Qiro’ati ini dinilai kurang efektif oleh berbagai pihak baik guru, murid dan orang tua. (3) Faktor pendukung dan penghambat dari efektivitas pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Qiro’ati melalui media jaringan atau daring di SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Cirebon masing-masing terdapat dari faktor internal dan eksternal. Kata kunci: Pembelajaran, Metode Qiro’ati, Daring

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 22 Feb 2024 07:50
Last Modified: 22 Feb 2024 07:50
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12738

Actions (login required)

View Item View Item