Manajemen Pendidikan Dan Peranannya Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Karakter Siswa di Madrasah Ibtidaiyyah Salafiyah Kroya Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2017 / 2018

Ayim Nurqoyyim, (2020) Manajemen Pendidikan Dan Peranannya Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Karakter Siswa di Madrasah Ibtidaiyyah Salafiyah Kroya Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2017 / 2018. Masters thesis, S-2 Manajemen Pendidikan Islam.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK AYIM NURQOYYIM: “Manajemen Pendidikan Dan Peranannya Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Karakter Siswa di Madrasah Ibtidaiyyah Salafiyah Kroya Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2017 / 2018” Pendidikan adalah salah satu unsur yang penting dalam pembelajaran. Pendidikan merupakan sosok yang mutlak diperlukan dalam kegiatan belajar mengajar, bukan hanya sebagai panutan utama bagi siswa, tetapi pendidik atau guru juga mampu membantu mengembangkan intelektual, afektif serta psikomotorik siswa melalui pengetahuan, latihan-latihan dan keterampilan. Karena fungsi utama seorang guru adalah merancang, mengelola, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana manajemen pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MI Salafiyah Kroya Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2017 / 2018?Bagaimana peranan manajemen pendidikan dalam membentuk karakter siswa di MI Salafiyah Kroya Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2017 / 2018? Bagaimana meningkatkan mutu pembelajaran karakter siswa di MI Salafiyah Kroya Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2017 / 2018? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MI Salafiyah Kroya Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2017 / 2018, mengetahui peranan manajemen pendidikan dalam membentuk karakter siswa di MI Salafiyah Kroya Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2017 / 2018, dan mengetahui dalam meningkatkan mutu pembelajaran karakter siswa di MI Salafiyah Kroya Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2017 / 2018. Metode dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru, dan siswa. Adapun teknik pengambilan data terdiri dari observasi, interview dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data mengacu pada tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan analisis data. Hasil penelitian ini menyimpulkan, bahwa pendidikan karakter tidak sekedar mengajarkan mana yang benar dan mana yang salah kepada peserta didik, tetapi lebih dari itu pendidikan karakter menanamkan kebiasaan (habituation) tentang yang baik sehingga siswa paham, mampu merasakan, dan mau melakukan yang baik. Jadi, pendidikan karakter membawa misi yang sama dengan pendidikan akhlak atau pendidikan moral. Pendidikan karakter pada pengintegrasian dalam budaya sekolah yang dilakukan dengan kegiatan kelas (nilai toleransi), sekolah (nilai religius) dan luar sekolah/ekstrakurikuler (nilai tanggung jawab).

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 23 Feb 2024 02:04
Last Modified: 23 Feb 2024 02:04
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12742

Actions (login required)

View Item View Item