UPAYA PEMBENTUKAN KELUARGA SAKĪNAH MAWADDAH WARḤMAH BAGI KELUARGA BURUH MIGRAN (Studi Kasus Di Desa Guwa Lor Kecamatan Kaliwedi Kabupaten Cirebon)

Moh. Niamillah Arifudin, (2023) UPAYA PEMBENTUKAN KELUARGA SAKĪNAH MAWADDAH WARḤMAH BAGI KELUARGA BURUH MIGRAN (Studi Kasus Di Desa Guwa Lor Kecamatan Kaliwedi Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, S1-Hukum Keluarga.

[img]
Preview
Text
1908201113_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908201113_2_bab1.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908201113_6_bab5.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908201113_7_dafpus.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

.Keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat yang memiliki peran penting dalam membentuk kesinambungan generasi dan perkembangan sosial. Namun, tantangan yang dihadapi oleh keluarga buruh migran dalam menjaga keharmonisan rumah tangga mereka seringkali kompleks dan mempengaruhi kesejahteraan keluarga secara keseluruhan. Keluarga yang sakīnah, mawaddah, waraḥmah adalah keluarga yang penuh dengan ketenangan, cinta, dan kasih sayang. Untuk mencapainya, pentingnya komunikasi, kepercayaan, dan kesetiaan antara pasangan sangatlah krusial. Keluarga tersebut juga harus mampu mengatasi konflik dengan baik. Dalam masyarakat, pekerja migran Indonesia sering dihadapkan pada tantangan besar, termasuk perpisahan jarak jauh. Meskipun demikian, penelitian menunjukkan bahwa banyak keluarga pekerja migran tetap dapat menjaga keutuhan dan harmoni dalam hubungan mereka melalui komitmen bersama, saling percaya, dan komunikasi yang baik. Oleh karena itu, upaya pembentukan keluarga sakīnah, mawaddah, waraḥmah adalah hal yang dapat dicapai meskipun dalam kondisi yang sulit seperti menjadi pekerja migran Indonesia. Penulisan ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang bagaimana upaya pemenuhan hak dan kewajiban suami istri buruh migran Desa Guwa Lor Kecamatan Kaliwedi Kabupaten Cirebon. Serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam mewujudkan tujuan perkawinan bagi keluarga buruh migran Desa Guwa Lor Kecamatan Kaliwedi Kabupaten Cirebon. Penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus di Desa Guwa Lor, Kecamatan Kaliwedi, Kabupaten Cirebon. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari keluarga buruh migran yang sedang atau pernah bekerja di luar negeri dan memiliki pengalaman dalam menghadapi tantangan dalam membentuk keluarga yang sakḥnah mawaddah waraḥmah. Hasil penulisan menunjukkan bahwa keluarga buruh migran di Desa Guwa Lor dalam mewujudkan keluarga sakīnah mawaddah warahmah yakni: Menjaga komunikasi yang baik, terpenuhinya kebutuhan ekonomi, perhatian, saling menunjukankan kasih sayang, Saling memaafkan, Saling percaya, dan selalu berpedoman pada agama serta mengikuti sunnah Rosulullah SAW. Adapun faktor penghambat dan pendukung dalam mewujudkan tujuan perkawinan bagi Keluarga buruh Migran di Desa Guwa Lor adalah seperti komunikasi yang baik, kepercayaan, kesetiaan, terpenuhinya kebutuhan keluarga, saling perhatian, saling menunjukkan kasih sayang, saling memaafkan, berpedoman kepada agama. Di sisi lain, faktor-faktor penghambat seperti komunikasi yang buruk, pelanggaran terhadap taktik talak, perselingkuhan, keluarga asal, seksualitas. Pentingnya kesadaran terhadap faktor-faktor ini dan usaha bersama untuk mengatasi hambatan serta memanfaatkan dukungan dapat membantu pasangan membangun perkawinan yang sakīnah mawaddah waraḥmah. Kata Kunci: Keluarga, Sakīnah Mawaddah Wara¥mah, Buruh Migran

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Al-Syahsyiyyah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 29 Feb 2024 07:27
Last Modified: 29 Feb 2024 07:30
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12758

Actions (login required)

View Item View Item