IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN SMK SYNTAX BUSINESS SCHOOL DI KUNINGAN JAWA BARAT.

Luthfiah, (2023) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN SMK SYNTAX BUSINESS SCHOOL DI KUNINGAN JAWA BARAT. Masters thesis, S-2 Manajemen Pendidikan Islam.

[img]
Preview
Text
IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana implementasi manajemen kurikulum merdeka dan mengkaji dampak dari manajemen kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu lulusan SMK Syntax Business School. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Sumber dan jenis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini dapat digolongkan menjadi data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa: 1) proses implementasi manajemen kurikulum dalam meningkatkan mutu lulusan SMK Syntax Business School mengacu pada proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan yang didukung dengan 6 program unggulan berupa Magang, Farming Day, SBS mengajar, SBS Leadership Mastery, SBS Care & SBS observasi; dengan penerapan kurikulum merdeka sesuai kebutuhan industri dan keberhasilan mencapai tujuan pembelajaran, terutama dalam mewujudkan tujuan pendidikan di sekolah; 2) manajemen kurikulum merdeka berdampak positif terhadap peningkatan mutu lulusan di SMK Syntax Business School, yang ditunjukkan oleh adanya peningkatan kualitas hasil belajar siswa, kepuasan pengguna lulusan, motivasi dan kompetensi guru dan kepala sekolah, efisiensi dan efektivitas proses organisasi, serta citra dan reputasi lembaga pendidikan. Kata Kunci : Implementasi, Manajemen Kurikulum Merdeka, Mutu Lulusan

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 01 Mar 2024 08:05
Last Modified: 01 Mar 2024 08:05
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12763

Actions (login required)

View Item View Item