Strategi Pemasaran Kerupuk Ikan Iza Jaya Kelurahan Pasarbatang Brebes Dalam Meningkatkan Penjualan Menurut Perspektif Ekonomi Syariah

Dicky Ferdiansyah, (2023) Strategi Pemasaran Kerupuk Ikan Iza Jaya Kelurahan Pasarbatang Brebes Dalam Meningkatkan Penjualan Menurut Perspektif Ekonomi Syariah. Bachelor thesis, S1 Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908204068_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204068_2_bab1.pdf

Download (662kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204068_6_bab5.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204068_7_dafpus.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

Perekonomian yang belum stabil akibat pandemi covid-19, mengakibatkan banyak pengusaha kerupuk yang tutup karena tidak mampu untuk mempertahankan konsumennya sebagai akibat dari menurunnya daya beli masyarakat. Pemasaran Kerupuk Iza Jaya yang mengalami fluktuatif karena akibat dari adanya wabah virus corona ini membuat target penjualan mengalami penurunan sehingga perlu menerapkan pemilihan strategi pemasaran yang tepat untuk dilakukan guna meminimalisir terjadinya penurunan penjualan. Implementasi strategi pemasaran bertujuan untuk meningkatkan penjualan dan dalam pelaksanaannya strategi pemasaran tentu harus sesuai dengan nilai-nilai yang ada dalam ajaran ekonomi Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran Kerupuk Ikan Iza Jaya dalam meningkatkan penjualan menurut perspektif ekonomi syariah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pemasaran yang digunakan Kerupuk Ikan Iza Jaya menggunakan bauran pemasaran product, price, place dan promotion yang dalam pelaksaannya selalu mengutamakan kualitas produk. Strategi pemasaran Kerupuk Ikan Iza Jaya yang dikaji dalam penelitian ini menurut perspektif ekonomi syariah dengan mengutamakan nilai-nilai kejujuran, menjual barang yang nyata sehingga tidak mengandung unsur kebohongan, mengambil keuntungan tidak terlalu tinggi, menerapkan karakteristik ekonomi Islam (Rabbaniyyah, Akhlaqiyyah, Al Waqiyyah, Al Insaniyah ), menjaga kehigienisan dan kehalalan produk, memelihara tutur kata yang baik, menjaga silaturahmi di lingkungan masyarakat, tidak mencemari lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya dan meliburkan pekerjaan di hari jum’at sesuai sunnah Rosulallah SAW. Kata kunci : Strategi Pemasaran, Penjualan, Ekonomi Syariah

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 01 Mar 2024 09:13
Last Modified: 01 Mar 2024 09:13
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12767

Actions (login required)

View Item View Item