Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Islamic Branding Terhadap Keputusan Mahasiswa Menggunakan Produk Perbankan Syariah Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderating

Juwita, (2023) Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Islamic Branding Terhadap Keputusan Mahasiswa Menggunakan Produk Perbankan Syariah Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderating. Bachelor thesis, S1 Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908204064_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204064_2_bab1.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204064_6_bab5.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204064_7_dafpus.pdf

Download (521kB) | Preview

Abstract

Keputusan mahasiswa perbankan syariah dalam memilih dan menggunakan produk perbankan syariah dipengaruhi oleh beberapa faktor, dalam penelitian ini berdasarkan hasil penelitian terdahulu diduga Keputusan Mahassiswa memilih dan menggunakan produk perbankan dipengaruhi oleh faktor Literasi Keuangan Syariah, Islamic Branding dan tingkat Religiusitas. Masalah dalam penelitian ini yang diambil dari fenomena yang ada dan dari hasil penelitian terdahulu bahwasanya masih banyak mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) yang menggunakan produk perbankan konvenisonal dalam kegiatan transaksi sehari-hari dan masih rendahnya tingkat Literasi Keuangan Syariah pada masyarakat Indonesia, dan kurangnya strategi marketing dalam pemasaran Islamic Branding pada produk perbankan syariah.Adapun Tujuan dalam peneitian ini untuk mengetahui Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Islamic Branding TerhadapKeputusan Mahasiswa dalam menggunakan produk perbankan syariah dengan Religiuistas sebagai variabel moderating. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif asosaiatif dengan subjek penelitian mahasiswa perbankan syariah angkatan (2020/2021) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), jumlah populasi dalam penelitian ini berjumlah 369 mahasiswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 192 sampel yang dihitung dengan menggunakan rumus slovin dengan taraf kesalahan 5%. Metode analisis data yang digunakan adalah analsis deskriptf, analisis regersi lniear beganda dan uji analisis regresi modera (MRA) dengan menggunakan IBMS SPSS Versi 23. Hasil penelitian menunjukan hasil uji f pada Literasi Keuangan Syariah dan Islamic Branding berpengaruh secara bersama-sama (simultan) terhadap keputusan mahasiswa, untuk uji t Literasi Keuangan Syariah berpengaruh secara ii parsial terhadap Keputusan Mahasiswa sedangkan untuk Islamic Branding tidak berpengaruh secara parsial. Berdasarka uji analisis regresi moderasi dari uji f variabel Religiusitas berepengaruh secara simultan antara varibabel Literasi Keuangan Syariah dan Islamic Branding terhadap Keputusan Mahasiswa sedangakan hasil uji t variabel Religiusitas tidak dapat memoderating secara parsial terhadap Keputusan Mahasiswa perbankan syariah dalam menggunakan produk perbankan syariah. Kata Kunci : Literasi Keuangan Syariah,Islamic Branding,Religiusitas

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 01 Mar 2024 09:18
Last Modified: 01 Mar 2024 09:18
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12768

Actions (login required)

View Item View Item