PENGELOLAAN TENAGA PERPUSTAKAAN MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KOTA CIREBON

INDRA PERMANA DARMAWAN, (2024) PENGELOLAAN TENAGA PERPUSTAKAAN MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KOTA CIREBON. Masters thesis, S-2 Manajemen Pendidikan Islam.

[img]
Preview
Text
AWALAN -DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Indra Permana Darmawan (21086010066) : Pengelolaan Tenaga Perpustakaan Madrasah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Cirebon Keberhasilan pendidikan di sekolah tidak terlepas dari peran perpustakaan sekolah karena perpustakaan sekolah merupakan sumber ilmu dan sumber belajar. Perpustakaan sekolah memegang peranan penting dalam mengintegrasikan ilmu pengetahuan dan informasi ke dalam proses belajar mengajar di sekolah. Berdasarkan fungsi perpustakaan sekolah tersebut maka dibutuhkan seorang yang memenuhi kualifikasi dan kompetensi yang memadai untuk mengelola perpustakaan tersebut. Orang yang diberi tugas mengelola perpustakaan adalah tenaga perpustakaan. Oleh karena itu tenaga perpustakaan harus memiliki kompetensi yang memadai dan jumlah yang mencukupi agar dapat mengelola perpustakaan dan melayani pemustaka dengan baik. Dengan keberadaan tenaga perpustakaan yang memadai dari segi kualitas maupun kuantitas akan dapat membantu dalam peningkatan mutu pendidikan. Oleh karena itu pimpinan lembaga pendidikan perlu melakukan pengelolaan tenaga perpustakaan sekolah. Penelitian ini berfokus pada pengelolaan tenaga perpustakaan sekolah. Untuk dapat mendayagunakan tenaga perpustakaan sekolah maka diperlukan pengelolaan tenaga perpustakaan sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan tenaga perpustakaan dalam peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Cirebon, mengetahui bagaimana kendala pengelolaan tenaga perpustakaan, mengetahui upaya apa saja yang telah dilakukan kepala sekolah dalam mengatasi kendala pengelolaan tenaga perpustakaan dan untuk mengetahui manajemen perpustakaan di perpustakaan sekolah MAN I Kota Cirebon. Penelitian ini akan menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam pembahasan topik masalah ini digunakan metode yang bersifat deskriptif analisis. Adapun dalam pengumpulan data, peneliti akan menggunakan jenis data Field Research. Untuk mendapatkan data dan informasi yang objektif, penulis mengadakan observasi di lapangan atau ke tempat yang menjadi objek penelitian. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan ialah deskriptif dan dengan pendekatan kualitatif guna mengetahui pengelolaan tenaga perpustakaan di perpustakaan sekolah MAN 1 Kota Cirebon. Hasil penelitian ini yakni kepala sekolah belum melaksanakan pengelolaan tenaga perpustakaan dengan baik. Hal ini terbukti dengan tidak adanya anggaran khusus untuk perpustakaan sekolah. kepala sekolah yang belum memiliki perencanaan mengenai pengadaan rekrutmen tenaga perpustakaan sekolah, pembinaan tenaga perpustakaan sekolah yang kurang maksimal terbukti dari kinerja tenaga perpustakaan sekolah yang masih belum berkompeten dalam melaksanakan tugas pengelolaan dan pelayanan perpustakaan. Kata Kunci : pengelolaan, tenaga perpustakaan, madrasah

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Literasi
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 05 Mar 2024 01:54
Last Modified: 05 Mar 2024 01:54
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12799

Actions (login required)

View Item View Item