MANAJEMEN WAKAF DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS WAKAF DI PESANTREN AL-ISHLAH TAJUG INDRAMAYU PERSPEKTIF TOTAL QUALITY MANAJEMENT (TQM)

Lutfi Faisal Hakim, (2023) MANAJEMEN WAKAF DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS WAKAF DI PESANTREN AL-ISHLAH TAJUG INDRAMAYU PERSPEKTIF TOTAL QUALITY MANAJEMENT (TQM). Masters thesis, S-2 Ekonomi Syariah.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (495kB) | Preview

Abstract

Lutfi Faisal Hakim NIM: 20086050020 Masalah finansial merupakan salah satu masalah utama di dalam mengoperasikan kegiatan pendidikan di pesantren. Untuk menjaga keberlangsungan dan masadepan pesantren, para pengasuh pesantren harus mampu berkreasi dalam menciptakan sumber pendanaan, salah satunya memanfaatkan wakaf untuk menopang ketahanan dan pengembangan pendidikan Islam. Untuk itu tesis ini secara spesifik membahas tentang manajemen wakaf dalam meningkatkan produktifitas wakaf yang dilakukat oleh nadzir dan penerapan Total Quality Manajement (TQM) dalam meningkatkan produktifitas wakaf di Pesantren Al-Ishlah Tajug Indramayu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana sistem menejemen wakaf produktif yang dipakai oleh nadzir di Pesantren Al-Ishlah Tajug Indramayu perspektif Total Quality Manajement dan bagaimana dampak wakaf produktif Pesantren Al-Ishlah Tajug Indramayu terhadap produktifitas wakaf tersebut dan masyarakat Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Menajemen wakaf yang dipakai oleh nadzir Pesantren Al-Ishlah Tajug Indramayu berdasarkan empat manajemen dasar, yaitu Planning, Organaizing, Actuating dan Controling. Manajemen wakaf produktif yang dilakukan oleh nadzir pada Pesantren Al-Ishlah Tajug Indrmayu telah memenuhi tiga dari lima indikator TQM, dimana masih terdapat dua indikator yang belum terpenuhi yaitu Menyelenggarakan pendidikan dan pelatiahan serta nadzir yang belum memiliki komitmen jangka panjang. Menejemen wakaf produktif Pesantren Al-Ishlah Tajug Indrmayu memiliki dampak yang positif terhadap produktifitas wakaf terebut dan masyarakat. Hal itu dibuktikan dengan pemanfaatan hasil wakaf produktif yang menjangkau semua elemen yang ada, yaitu kepada santri, guru, karyawan dan masyarakat disekitar pesantren maupun yang diluar daerah Indaramayu. Kata Kunci: Menejemen, Wakaf, Wakaf Produktif, Total Quality Manajement.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 05 Mar 2024 02:46
Last Modified: 05 Mar 2024 02:46
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12801

Actions (login required)

View Item View Item