Analisis Kepatuhan Hotel Syariah Sasarengan Cirebon Ditinjau Dari Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia Nomor 108/Dsn-Mu/X/2016 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pariwisata Berdasarkan Prinsip Syariah

Mohammad Fachrizal Hans, (2023) Analisis Kepatuhan Hotel Syariah Sasarengan Cirebon Ditinjau Dari Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia Nomor 108/Dsn-Mu/X/2016 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pariwisata Berdasarkan Prinsip Syariah. Bachelor thesis, S1 Hukum Ekonomi Syariah IAIN SNJ.

[img]
Preview
Text
1908202127_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202127_2_bab1.pdf

Download (797kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202127_6_bab5.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202127_7_dafpus.pdf

Download (496kB) | Preview

Abstract

Hotel syariah merupakan salah satu sektor usaha yang memberikan layanan jasa penginapan dengan berlandaskan prinsip-prinsip syariah dalam pengelolaannya. Seiring dengan pesatnya perkembangan industri perhotelan di Indonesia, khususnya dalam pembangunan hotel bintang satu hingga bintang lima di berbagai kota, sektor ini menunjukkan pertumbuhan yang signifikan. Hotel menjadi elemen penting dalam mendukung pertumbuhan sektor pariwisata di Indonesia, memberikan kontribusi pada kebutuhan penginapan bagi masyarakat yang melakukan perjalanan untuk tujuan bisnis maupun rekreasi. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dari pertanyaan-pertanyaan yang menjadi rumusan masalah: “Bagaimana penerapan prinsip syariah dan implementasi akad sewa di hotel syariah sasarengan Cirebon ditinjau dari fatwa dsn nomor 108/DSN-MU/X/2016”. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, data yang dikumpulkan dengan cara interview (wawancara), observasi, dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini: pengelolaan akomodasi di Hotel Syariah Sasarengan ini mencerminkan pendekatan yang cermat terhadap penerapan prinsip-prinsip syariah dalam konteks pengaturan penginapan. Dalam hal pasangan, penekanan diberikan pada persyaratan memiliki alamat yang sama sebagai bagian dari kebijakan yang telah di tetapkan. Sementara itu, untuk tamu perorangan dari kalangan teman baik pria maupun wanita, sudah di tetapkan kebijakan untuk mengatur penginapan di kamar yang berbeda. Hotel Syariah Sasarengan dengan cermat telah mengimplementasikan prinsip-prinsip syariah dalam pengelolaan akomodasinya, sejalan dengan Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia Nomor 108/DSN-MU/X/2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan yang diterapkan oleh hotel ini mencakup kebijakan ketat terkait dengan penginapan pasangan yang diharuskan memiliki alamat yang sama, pengaturan penginapan bagi tamu perorangan, dan fleksibilitas untuk kelompok perempuan dengan tarif yang lebih terjangkau dan juga makanan yang terjamin kehalalannya. Kata kunci: Hotel syariah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 05 Mar 2024 08:07
Last Modified: 05 Mar 2024 08:08
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12807

Actions (login required)

View Item View Item