IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU DAN KEPALA SEKOLAH DI SMPIT IBNU KHALDUN PANAMBANGAN KABUPATEN CIREBON

Ita Lailasari, (2023) IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU DAN KEPALA SEKOLAH DI SMPIT IBNU KHALDUN PANAMBANGAN KABUPATEN CIREBON. Masters thesis, S-2 Manajemen Pendidikan Islam.

[img]
Preview
Text
0 COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 DAPUS.pdf

Download (208kB) | Preview

Abstract

ITA LAILASARI: IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU DAN KEPALA SEKOLAH DI SMPIT IBNU KHALDUN PANAMBANGAN KABUPATEN CIREBON Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji implementasi Total Quality Management dalam peningkatan mutu kinerja guru dan kepala sekolah di SMPIT Ibnu Khaldun Panambangan. Hal ini didasari oleh adanya survey kualitas pendidikan dunia yaitu PISA yang menjelaskan bahwa Indonesia berada di ranking ke 72 dari 77 negara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah SMPIT Ibnu Khaldun Panambangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Total Quality Management diimplementasikan di SMPIT Ibnu Khaldun Panambangan dengan mengacu pada prinsip-prinsip Total Quality Management, yaitu fokus pada pelanggan, keterlibatan semua anggota organisasi, perbaikan berkelanjutan, pengambilan keputusan berdasarkan data, kerjasama tim, pemberdayaan karyawan, dan kepemimpinan transformasional; (2) Kinerja kepala sekolah dan guru dalam mengimplementasikan pendidikan inklusif di sekolah dasar berada dalam kategori sedang. Kinerja kepala sekolah rata-rata lebih tinggi dibanding kinerja guru. Faktor- faktor yang mempengaruhi kinerja mereka antara lain adalah kompetensi, motivasi, komitmen, dukungan, dan fasilitas; (3) Total Quality Management berdampak positif terhadap peningkatan mutu kinerja guru dan kepala sekolah di SMPIT Ibnu Khaldun Panambangan, yang ditunjukkan oleh adanya peningkatan kualitas hasil belajar siswa, kepuasan pelanggan, motivasi dan kompetensi guru dan kepala sekolah, efisiensi dan efektivitas proses organisasi, serta citra dan reputasi lembaga pendidikan. Kata kunci: TQM, Kinerja, Guru dan Kepala Sekolah

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 06 Mar 2024 03:04
Last Modified: 06 Mar 2024 03:04
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12815

Actions (login required)

View Item View Item