Praktik Gadai Lahan Sawah Ditinjau Dari Perspektif Madzhab Syafi’i Di Desa Sukadana Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu

Muhammad Bukhori, (2023) Praktik Gadai Lahan Sawah Ditinjau Dari Perspektif Madzhab Syafi’i Di Desa Sukadana Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu. Bachelor thesis, S1 Hukum Ekonomi Syariah IAIN SNJ.

[img]
Preview
Text
1708202115_1_cover.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708202115_2_bab1.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708202115_6_bab5.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708202115_7_dafpus.pdf

Download (174kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengangkat fenomena praktik gadai lahan sawah di Desa Sukadana, Kecamatan Tukdana, Kabupaten Indramayu, dengan fokus pada perspektif Madzhab Syafi'i. Latar belakangnya mencermati kebutuhan masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan keuangan melalui praktik gadai yang semakin populer. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan merinci praktek gadai lahan sawah dan menganalisisnya berdasarkan hukum Islam, khususnya Madzhab Syafi'i. Praktik gadai tersebut melibatkan pemberi gadai (rahin) yang menyerahkan lahan sawah sebagai jaminan dan penerima gadai (murtahin) yang mengelolanya selama periode gadai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerima gadai memiliki kontrol penuh atas lahan sawah dan manfaatnya. Dalam perspektif Madzhab Syafi'i, murtahin tidak boleh mengambil manfaat dari objek gadai, kecuali rahin mengizinkan dan izin tersebut tidak disyaratkan di dalam akad. Sadangakn pihak murtahin tidak boleh mengharapkan bunga dari rahin. Karena secara muamalah gadai adalah saling tolong menolong sesama. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan lebih lanjut tentang praktik gadai di masyarakat, serta implikasinya terhadap aspek hukum Islam, khususnya dalam konteks Madzhab Syafi'i. Kata kunci: Gadai. Lahan sawah. Praktik Masyarakat. Hukum Islam. Kabupaten Indramayu.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 08 Mar 2024 03:58
Last Modified: 08 Mar 2024 03:58
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12843

Actions (login required)

View Item View Item