HUBUNGAN PENERAPAN SYSTEM ONLINE PAYMENT POINT (SOPP) DENGAN PENINGKATAN MARKET SHARE BANK MUAMALAT INDONESIA (Penelitian Pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Cirebon)

BURHANUDDIN, (2008) HUBUNGAN PENERAPAN SYSTEM ONLINE PAYMENT POINT (SOPP) DENGAN PENINGKATAN MARKET SHARE BANK MUAMALAT INDONESIA (Penelitian Pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Cirebon). Bachelor thesis, S1 - EKONOMI SYARIAH IAIN SYEKH NURJATI.

[img]
Preview
Text
1. BURHANUDDIN_Awalan.pdf

Download (23MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BURHANUDDIN_BAB I.pdf

Download (17MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BURHANUDDIN_BAB V.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BURHANUDIN_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pangsa pasar (market share) perbankan syariah nasional hingga akhir tahun 2007 masih berkutat di angka 1,7 %. Sementara target Bank Indonesia market share perbankan syariah mencapai 5 % pada tahun 2008. Untuk itu perlu strategi jitu dalam pemasaran bank syariah. Strategi dan system pemasaran bank syariah selama ini belum membuahkan pertumbuhan yang cepat/ loneatan pertumbuhan (quantum growing) yang memuaskan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah gambaran strategi System Online Payment Point (SOPP) yang diterapkan Bank Muamalat Indonesia, bagaimanakah gambaran market share perbankan syariah di Cirebon, dan bagaimanakah hubungan penerapan System Online Payment Point (SOPP) dengan peningkatan market share BMI. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai strategi system online payment point (SOPP) Bank Muamalat Indonesia Cabang Cirebon, untuk memperoleh gambaran mengenai Market Share Bank Muamalat Indonesia Cabang Cirebon, dan untuk memperoleh gambaran hubungan penerapan SOPP dengan market share BMI Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, teknik pengumpulan datanya melalui data-data yang tersedia di manajemen BMI dan dengan angket yang dibagikan kepada karyawan BMI untuk dijadikan sampel. Untuk mengukur keeratan hubungan antara System Online Payment Point (SOPP) dengan Market Share Bank Muamalat Indonesia, digunakan koefisien korelasi Spearman Rank dan koefisien Determinasi. Berdasarkan hasil observasi, gambaran penerapan SOPP pada BMI dinyatakan baik. Hal ini dapat dilihat dan hasil pengolahan angket variabel X, dari 17 responden, 54,12 % yang menyatakan sangat setuju, 41,18 % yang menyatakan setuju, 41,12 % yang menyatakan ragu-ragu, dan hanya 0,59 % yang menyatakan tidak setuju, serta tidak ada sama sekali yang menyatakan sangat tidak setuju. Melalui uji statistik diperoleh koefisien korelasi r = 0,819 setelah dikonfirmasikan pada r Label, dengan N = 17, tingkat kepercayaan 95%, dengan r tabel = 0,482, dimana r hitung > r tabel. Hal ini menunjukkan bahwa r hitung lebih besar dari r tabel (0,819 > 0,482), dan dapat dikategorikan pada koefisien korelasi sangat kuat. Uji koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 67,08% yang termasuk dalam kategori sangat kuat. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan System Online Payment Point (SOPP) berhubungan dengan Market Share Bank Muamalat Indonesia sebesar 67,08 %.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 15 Mar 2024 02:00
Last Modified: 15 Mar 2024 02:00
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12890

Actions (login required)

View Item View Item