WAKAF PRODUKTIF DALAM EKONOMI ISLAM ( Kajian Sejarah dan Implementasi Kebijakan Wakaf di Departemen Agama Kota Cirebon )

Ugi Sumarja, (2008) WAKAF PRODUKTIF DALAM EKONOMI ISLAM ( Kajian Sejarah dan Implementasi Kebijakan Wakaf di Departemen Agama Kota Cirebon ). Other thesis, S1 - EKONOMI SYARIAH IAIN SYEKH NURJATI.

[img] Text
UGI SUMARJA_EPI SYARIAH_50330281_Awalan.pdf

Download (4MB)
[img] Text
UGI SUMARJA_EPI SYARIAH_50330281_BAB I.pdf

Download (7MB)
[img] Text
UGI SUMARJA_EPI SYARIAH_50330281_BAB V PENUTUP.pdf

Download (1MB)
[img] Text
UGI SUMARJA_EPI SYARIAH_50330281_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Di tengah problem sosial masyarakat dan tuntunan akan kesejahteraan ekonomi akhir-akhir ini, keberadaan lembaga wakaf menjadi sangat strategis. Di samping salah satu aspek ajaran Islam yang berdimensi spiritual, wakaf juga merupakan ajaran yang menekankan pentingnya kesejahteraan ekonomi (dimensi sosial). Karena itu, pendefinisian ulang terhadap wakaf agar memiliki makna yang lebih relevan dengan kondisi riil persoalan kesejahteraan menjadi sangat penting. Dalam kaitannya dengan wakaf ini, merupakan wakaf produktif diharapkan dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat serta berkembangnya etos kewirausahaan dikalangan kaum Muslimin sehingga dapat mengoptimalisasikan wakaf untuk berdaya guna sebagai income umat Islam. Pembahasan penelitian ini mengenai wakaf produktif dalam ekonomi Islam, kajian sejarah dan implementasi kebijakan wakaf di Departemen Agama Kota Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui wakaf produktif dalam ekonomi Islam, kajian sejarah dan implementasi kebijakan wakaf di Departemen Agama Kota Cirebon. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan lokasi penelitian di Departemen Agama Kota Cirebon Jalan Terusan Pemuda Cirebon. Dalam pengumpulan data ini dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi yang ada di Kantor Departemen Agama Kota Cirebon. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa wakaf produktif merupakan salah satu alternatif untuk membangun kesejahteraan umat secara bersama-sama dalam rangka transpormasi masyarakat Muslim. Adapun pengelolaan wakaf produktif untuk modal usaha ini dilakukan atas usulan atau dukungan dari pemerintah secara politis dan hirarkis dengan menetapkan beberapa kriteria tertentu serta melakukan studi kelayakan sebelumnya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 19 Mar 2024 05:40
Last Modified: 19 Mar 2024 05:40
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12942

Actions (login required)

View Item View Item