MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI RUMAH TAHFIDZ QUR’AN (RTQ) AT-TAQWA KOTA CIREBON

Inna Malviana, (2023) MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI RUMAH TAHFIDZ QUR’AN (RTQ) AT-TAQWA KOTA CIREBON. Masters thesis, S-2 Manajemen Pendidikan Islam.

[img] Text
1- Bagian Awal.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2- BAB I.pdf

Download (243kB)
[img] Text
6- BAB V.pdf

Download (201kB)
[img] Text
7- Daftar Pustaka.pdf

Download (262kB)

Abstract

Menghafal Al-Qur'an adalah tugas sangat mulia yang hanya mampu dilakukan oleh orang yang memiliki tekad serta semangat yang kuat. Kekuatan tekad dan semangat akan lebih efektif jika diikuti dengan manajemen pembelajran yang tepat. Penerapan manajeman yang tidak tepat akan menghambat keberhasilan pembelajaran tersebut. Dengan demikian eksistensi manajemen dalam pembelajran tahfidz Al-Qur’an sangat urgen dalam mencapai target dan tujuan yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap penerapan manajemen khususnya dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di Rumah Tahfidz Qur’an At-Taqwa Kota Cirebon. Peneltian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dolumentasi. Adapun teknik analis data menggunakan teknik analisis interaktif Mills dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan Pembelajaran Tahfidz di RTQ At-Taqwa Kota Cirebon terbagi dua yaitu dilakukan oleh pengelola tahfidz dan guru. Perencanaan yang dilakukan manejemen meliputi: Sumber Daya Manusia, Program Kegiatan; dan Sarana Prasarana. Adapun yang dilakukan guru yaitu perencanaan khusus yang berkaitan PBM tahfidz; (2) Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di RTQ At-Taqwa Kota Cirebon, melalui tiga program unggulan yaitu tahfidz for kids, tahfidz lissyabab, pesantren tahfidz al-Qur’an dan tahsin tilawah bersanad. Metode yang digunakan yaitu TTM (Talqin, Tikror, Muroja’ah); (3) Evaluasi Pembelajaran Tahfidz di RTQ At-Taqwa Kota Cirebon dilaksanakan dalam bentuk lisan, tulisan, ataupun perbuatan. Guru yang berperan sangat penting dalam evaluasi harian, baik dari segi akhlak ataupun target harian. Evaluasi pekanan dan bulanan, guru melaporkan capaian dan catatan anak didiknya masing-masing kepada Ketua RTQ. Adapun evaluasi semesteran dan tahunan, santri membaca semua hafalan yang dimiliki. Kata Kunci: ’Manjemen, Pembelajaran, Tahfizd Al-Qur’an.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 03 Apr 2024 04:01
Last Modified: 03 Apr 2024 04:01
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13012

Actions (login required)

View Item View Item