Manajemen Pembelajaran Teaching Factory Pada Mata Pelajaran Produktif serta Kemitraan Dunia Usaha dan Dunia Industri dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di SMK Dinamika Arjawinangun.

Hirfah Nadibah, (2023) Manajemen Pembelajaran Teaching Factory Pada Mata Pelajaran Produktif serta Kemitraan Dunia Usaha dan Dunia Industri dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di SMK Dinamika Arjawinangun. Masters thesis, S-2 Manajemen Pendidikan Islam.

[img] Text
cover sampai cv.pdf

Download (748kB)
[img] Text
abstrak sampai daftar isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (124kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (43kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (179kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti manajemen pembelajaran TEFA di SMK Dinamika Arjawinangun ditinjau dari kepuasan mitra dan mutu lulusan dengan cara memaparkan implementasi TEFA pada mata pelajaran produktif di SMK Dinamika Arjawinangun; menganalisis peran TEFA pada mata pelajaran produktif untuk meningkatkan mutu lulusan SMK Dinamika Arjawinangun; dan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan mitra dunia usaha dan dunia industri SMK Dinamika Arjawinangun. Penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan pengambilan sampel berdasarkan kriteria tertentu. Adapun data dianalisis melalui teknik triangulasi yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi TEFA pada Mata Pelajaran Produktif di SMK Dinamika Arjawinangun dilakukan melalui perencanaan, proses atau organisasi implementasi atau pengawasan, dan evaluasi. Penelitian juga menemukan bahwa TEFA berguna untuk meningkatkan mutu lulusan baik secara akademik maupun non akademik yang ditandai dengan prestasi belajar siswa, ekstrakurikuler, dan keterserapan lulusan di lapangan kerja dan pendidikan tinggi. Hasil juga menandakan bahwa mitra DU/DI sangat puas dengan kerjasama yang dilakukan. Di mana tolok ukur kepuasan mitra pun diukur berdasarkan komunikasi, aksesibilitas, komitmen, loyalitas, kepercayaan, dan biaya. Penelitian ini bermanfaat baik secara teoritis maupun praktis. Mengenai keterbatasan dan rekomendasi penelitian dibahas lebih lanjut. Kata Kunci: Mata Pelajaran Produktif, TEFA, Teaching Factory, Mitra, Du/Di

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 30 Apr 2024 02:30
Last Modified: 30 Apr 2024 02:30
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13043

Actions (login required)

View Item View Item