Strategi Pemasaran Produk Tabungan Si-Aman ib Melalui Media Sosial Untuk Meningkatkan Minat Generasi Z Dalam Menabung Di BPRS Hik Parahyangan Cabang Cirebon

Anti Silvianti, (2024) Strategi Pemasaran Produk Tabungan Si-Aman ib Melalui Media Sosial Untuk Meningkatkan Minat Generasi Z Dalam Menabung Di BPRS Hik Parahyangan Cabang Cirebon. Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008203055_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008203055_2_bab1.pdf

Download (780kB)
[img] Text
2008203055_6_bab5.pdf

Download (261kB)
[img] Text
2008203055_7_dafpus.pdf

Download (508kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran produk Tabungan Si-Aman iB, dampak dan kendala penerapan pemasaran produk Tabungan Si-Aman iB melalui media sosial untuk meningkatkan minat generasi Z dalam menabung. Penelitian ini menggunakan metode deksriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hal ini bertujuan untuk menguraikan dan memecahkan masalah berdasarkan data yang diperoleh. Kemudian pengujian keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menyatakan BPRS HIK Parahyangan Cabang Cirebon menerapkan pemasaran melalui media sosial sejak tahun 2014, media sosial yang paling difokuskan untuk menarik minat dari gen Z adalah Instagram dan Youtube. Dilakukan dengan dengan konsisten memposting 1 sampai 3 konten dalam sehari, mengupload konten video simulasi atau podcast, gambar, poster, dan memanfaatkan fitur yang ada pada media sosial tersebut. Penggunaan media sosial untuk pemasaran berdampak positif, berperan 27,78% dalam menarik minat menabung gen Z. Kendala yang dihadapi dalam pemasaran melalui media sosial yaitu kendala internal dan eksternal. Kendala internal yang dihadapi yaitu kurangnya skill dari sumber daya manusia dalam membuat konten yang menarik, promosi yang belum masif dilakukan. Sedangkan kendala eksternalnya adalah algoritma media sosial yang berubah-ubah setiap harinya dan berbeda setiap platformnya. Kedua kurangnya literasi keuangan gen Z. Kata Kunci : Strategi pemasaran, Media Sosial, Minat Menabung, Generasi Z

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 30 Apr 2024 04:37
Last Modified: 30 Apr 2024 04:37
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13050

Actions (login required)

View Item View Item