Kolaborasi Orangtua Dan Guru Dalam Optimalisasi Pencapaian Aspek Kognitif Afektif Dan Psikomotorik Dalam Pembelajaran PAI Di Mi Plus An-Nur Kuningan.

Aep Saepulah, (2023) Kolaborasi Orangtua Dan Guru Dalam Optimalisasi Pencapaian Aspek Kognitif Afektif Dan Psikomotorik Dalam Pembelajaran PAI Di Mi Plus An-Nur Kuningan. Masters thesis, S-2 Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
AWALAN -DAFTAR ISI.pdf

Download (666kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (111kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (208kB)

Abstract

Kata Kunci : Kolaborasi, Orangtua dan Guru, Optimalisasi Terdapat ketidak sinkronan dalam pendidikan yang ada yaitu pendidikan di sekolah, pendidikan di rumah dan pendidikan di masyarakat. Pendidikan di sekolah merupakan pendidikan kedua setelah pendidikan di rumah, pendidikan di sekolah biasanya diukur dengan tiga aspek, yaitu Kognitif, Apektif, dan Psikomotorik. Untuk mencapai ukuran penilaian yang maksimal, orangtua dan guru harus koloborasi dan kerjasama dalam mengoptimalkan ketiganya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis dan menjelaskan gambaran capaian siswa pada aspek Kognitif, afektif, dan psikomotor dalam pembelajaran PAI di MI Plus An-Nur Kuningan. (2) Menganalisis dan menjelaskan sejauh mana kolaborasi antara guru dan orangtua siswa dalam pengoptimalan pencapaian ketiga aspek tersebut pada mata pelajaran di MI Plus An-Nur Kuningan. (3) Menganalisis dan menjelaskan program-program yang dilakukan oleh orangtua siswa dan guru dalam mengoptimalkan pencapaian ketiga aspek tersebut baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan atau field research, yakni penelitian yang dimaksudkan untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata yang tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati.teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan telaah dokumen. Sampel dalam wawancara adalah sample purposive untuk mendapatkan data yang mendalam sesuai dengan penelitian, kemudian data yang sudah di kumpulkan dianalisis melalui empat tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, menyimpulkan dan memverivikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi kolaborasi dan kerjasama yang baik antara orangtua siswa dan guru di Mi plus an-nur Kuningan dengan ditunjukan adanya komunikasi yang berkelanjutan, baik secara langsung maupun tidak langsung, bentuk kolaborasi yang dilakukan dengan mendukung program-program yang diberikan oleh sekolah seperti kegiatan parenting, buku penghubung, group whatsap dan komunikasi berkelanjutan di setiap momen pembagian hasil dari penilaian siswa, baik penilaian Tengah semester (PTS) maupun penilaian akhir tahun (PAS).

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pengembangan Bahan Ajar
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 02 May 2024 06:29
Last Modified: 02 May 2024 06:29
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13054

Actions (login required)

View Item View Item