Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Jenjang Madrasah Aliyah (Studi Kasus di MAN 2 Majalengka Kabupaten Majalengka)

Dede Rosada Kolbi, (2023) Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Jenjang Madrasah Aliyah (Studi Kasus di MAN 2 Majalengka Kabupaten Majalengka). Masters thesis, S-2 Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
AWALAN -DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (251kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (304kB)

Abstract

Penilaian memiliki peran yang sangat penting dalam mengukur keberhasilan pembelajaran dan pendidikan, namun guru baru menilai ranah pengetahuan, sikap dan psikomotor, belum melaksanakan penilaian yang dapat melatih sikap yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga peserta didik bukan hanya memahami wawasan sejarah Islam, akan tetapi peserta didik harus mampu mengambil nilai dan diaplikasikannya di kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) karakteristik pembelajaran dan penilaian SKI jenjang Madrasah Aliyah, 2) Pengembangan instrumen penilaian berdasarkan asas-asas kesejarahan, 3) uji kesahihan produk pengembangan instrumen penilaian berupa validasi dan reliabilitasnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rnd pengembangan penelitian, dengan Model ADDIE (Analisis, Desain, Development, Implementasi dan Evaluasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan analisis dokumen. Hasil dari penelitian: 1) Karakteristik pembelajaran dan penilaian SKI berkategori HOTS, yang membutuhkan berpikir kritis. 2) Pengembangan instrumen penilaian berasas kesejarahan dapat mengukur aspek afektif peserta didik. 3) Uji kesahihan berupa validasi dan reliabilitas instrumen penilaian baikranah kognitif, afektif, berkategori valid. Kata Kunci : penilaian, asas-asas kesejarahan, validasi dan reliabilitas

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pembelajaran berbasis nilai
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 02 May 2024 06:34
Last Modified: 02 May 2024 06:35
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13055

Actions (login required)

View Item View Item