PERAN GANDA PEREMPUAN YANG BERKARIR DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH (Studi Kasus Wanita Karir di Desa Karangtawang Kabupaten Kuningan)

Hana Fajriyyah, (2024) PERAN GANDA PEREMPUAN YANG BERKARIR DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH (Studi Kasus Wanita Karir di Desa Karangtawang Kabupaten Kuningan). Bachelor thesis, S1 Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Al-Syahsyiyyah) IAIN SNJ.

[img] Text
2008201120_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008201120_2_bab1.pdf

Download (661kB)
[img] Text
2008201120_6_bab5.pdf

Download (268kB)
[img] Text
2008201120_7_dafpus.pdf

Download (322kB)

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh beberapa perempuan karir yang ada di Desa Karangtawang Kabupaten Kuningan. Permasalahan ini muncul karena sebagian istri yang berperan ganda sebagai ibu rumah tangga dan bekerja diluar rumah tidak dapat menyeimbangkan waktu antara pekerjaan dengan keluarga. Sehingga hal tersebut cenderung menimbulkan problematika dalam kehidupan keluarga. Bagaimana upaya seorang istri yang berkarir dalam mewujudkan keluarga yang harmonis dan sakinah? Yang mana perempuan yang berkarir cenderung memiliki banyak yang harus dipertimbangkan demi kesuksesan karir dan keharmonisan keluarga. Berdasarkan latar belakang diatas, peneliti merumuskan dua rumusan masalah yaitu: 1) Apa yang melatarbelakangi perempuan di Desa Karangtawang berprofesi sebagai perempuan yang berkarir?; 2)Bagaimana upaya perempuan di Desa Karangtawang yang berperan ganda sebagai wanita karir dalam mewujudkan keluarga yang sakinah? Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan penelitiannya menggunakan teori perubahan sosial. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bertempat di suatu desa yaitu Desa Karangtawang Kabupaten Kuningan. Sampel atau sumber data primer dalam penelitian ini adalah 10 orang perempuan yang memiliki peran ganda, sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini buku-buku, jurnal dan literatur lainnya mengenai tema yang diangkat dalam skripsi ini. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Keseluruhan data dalam penelitian ini di analisi secara deskriptif kualitatif. Hasil dalam penelitian ini menjelaskan bahwa upaya perempuan yang berkarir di Desa Karangtawang Kabupaten Kuningan untuk mewujudkan keluarga harmonis dan sakinah dilakukan dengan berbagai macam cara, antara lain memaksimalkan waktu bersama keluarga di luar pekerjaan, menanamkan nilainilai keagamaan dalam keluarga, menjaga kepercayaan yang baik antara suami dan istri begitu juga dengan anak, quality time jika mempunyai kesempatan untuk cuti dalam pekerjaan, menjalankan hak dan kewajiban sebagai istri dan ibu, serta menjaga komunikasi yang baik dan mampu mengendalikan emosi. Kata Kunci: Peran ganda, perempuan karir, keluarga sakinah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Al-Syahsyiyyah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 May 2024 01:54
Last Modified: 06 May 2024 01:54
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13066

Actions (login required)

View Item View Item