Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan Dalam Mengembangkan Karakter Siswa (Studi Kasus Di MTs Al-Hasaniyyah Kedawon Brebes)

Murni, (2023) Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan Dalam Mengembangkan Karakter Siswa (Studi Kasus Di MTs Al-Hasaniyyah Kedawon Brebes). Masters thesis, KEMENAG RI.

[img] Text
AWALAN -DAFTAR ISI.pdf

Download (961kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (401kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (328kB)

Abstract

Salah satu upaya dalam membentuk karakter siswa adalah melalui kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan. Namun, kegiatan kepramukaan yang dilakukan di beberapa lembaga pendidikan termasuk di MTs Al-Hasaniyyah masih terkendala dengan beberapa hal, diantaranya manajemen kepramukaan belum optimal dalam penerapnnya, belum tersedianya tenaga pelatih kepramukaan yang memenuhi standar. Penelitian ini bertujuan untuk; 1). Mengetahu penerapan manajemen Kegiatan kepramukaan dalam mengembangkan karakter sisiswa. 2). mengetahui faktor-faktor pendukung dan hambatan kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan dalam mengembangkan karakter siswa di MTs Al-Hasaniyyah Kedawon, 3). Mengetahui Upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan Pendidikan kepramukaan dalam mengembangkan karakter santri di MTs Al-Hasaniyyah Kedawon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui Observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Pertama, Penerapan Manajemen kegiatan kepramukaan melalui empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, Organisasi, dan Pengawasan. Kedua Faktor pendukung dan penghambat pembentukan karakter siswa berupa faktor internal dan faktor eksternal. Ketiga Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan membentuk karakter siswa diantaranya dengan melakukan koordinasi yang baik antara Pembina pramuka putri maupun pembina putra. Kata Kunci: Manajemen, Pramuka, Karakter, Siswa

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pembelajaran berbasis nilai
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 06 May 2024 06:25
Last Modified: 06 May 2024 06:26
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13074

Actions (login required)

View Item View Item