Implementasi Manajemen Madrasah Berbasis Pesantren Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Zaytun Indramayu

Sri Lestari, (2023) Implementasi Manajemen Madrasah Berbasis Pesantren Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Zaytun Indramayu. Masters thesis, KEMENAG RI.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (947kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (932kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (989kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mendeskripsikan bagaimana perencanaan madrasah berbasis pesantren dalam penguatan pendidikan karakter disiplin dan mandiri pada siswa di MTs Ma’had Al-Zaytun. 2. Mendiskripsikan pengorganisasian yang diterapkan oleh madrasah berbasis pesantren dalam meningkatkan karakter disiplin dan mandiri siswa di MTs Ma’had Al-Zaytun. 3. Membuktikan bagaimana dukungan pelaksanaan implementasi manajemen madrasah berbasis pesantren dalam penguatan pendidikan karakter disiplin dan mandiri siswa di MTs Ma’had Al-Zaytun. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data yang telah dikumpulkan dan pengecekan keabsahan data melalui proses triangulasi data, dan auditing data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi manajemen madrasah dalam penguatan pendidikan karakter di MTs Ma’had Al-Zaytun dilakukan dengan perencanaan dan pengorganisasian dengan baik sesuai dengan fungsi manajemen, serta pelaksanaannya berdasarkan visi dan misi Madrasah Tsanawiyah Al-Zaytun. Penguatan pendidikan karakter terintegrasi dalam keseluruhan program pendidikan dan pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Ma’had Al-Zaytun yang meliputi kegiatan akademik dan non akademik dengan jadwal dan intensitas masing-masing serta diimplementasikan melalui penanaman nilai dan pembiasaan perilaku/karakter baik yang sesuai dengan nilai-nilai ajaran Illahi. Serta menciptakan dan mewujudkan lingkungan pendidikan yang kondusif yang mendukung penguatan pendidikan karakter, terutama karakter kedisiplinan dan kemandirian di kalangan peserta didik yang berdampak pada kesiapan belajar, kepedulian yang tinggi, serta terbangunnya karakter yang positif dalam kehidupan kesehariannya. Kata Kunci: Implementasi Manajemen Madrasah, Pendidikan Karakter, MTs Ma’had Al-Zaytu

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pembelajaran berbasis nilai
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 06 May 2024 06:33
Last Modified: 06 May 2024 06:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13075

Actions (login required)

View Item View Item