Susi Susanti, (2023) Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMP IT Nurul Huda Kecamatan Rajagaluh Kabupaten Majalengka. Masters thesis, KEMENAG RI.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. BAB I.pdf Download (798kB) |
|
Text
6. BAB V.pdf Download (781kB) |
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (792kB) |
Abstract
Manajemen kepala sekolah memiliki peran yang sangat penting untuk meningkatkan mutu pendidikan. Kepala sekolah merupakan faktor penentu, yang menggerakan segala sumber daya yang ada di sekolah, agar komponen-komponen yang ada di sekolah dapat berjalan dan berfungsi secara maksimal dalam meningkatkan mutu pendidikan. Manajemen kepala sekolah juga menjadi hal yang penting dalam mencapai tujuan sekolah sesuai dengan visi dan misi yang diemban, sehingga Kepala Sekolah dituntut untuk memiliki kemampuan manajerial. Kemampuan manajerial kepala sekolah menentukan arah peningkatan kualitas atau mutu pendidikan di sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk: 1) Untuk menganalisis problematika mutu pendidikan di SMP IT Nurul Huda. 2) Untuk menganalisis mutu Pendidikan di SMP IT Nurul Huda. 3) Untuk menganalisis manajemen Kepala Sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP IT Nurul Huda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tujuan untuk memahami dan menganalisis manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP IT Nurul Huda melalui Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan Teknik anaslisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala Sekolah SMP IT Nurul Huda Majalengka sudah menjalankan fungsinya sebagai seorang pemimpin atau manajer yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Kepala sekolah juga sudah menjalankan perannya sebagai educator, manajer, administrator dan sebagai supervisor dan sudah melaksanakan pengelolaan berdasarkan 8 standar nasional pendidikan yaitu standar isi, standar proses, standar kelulusan, standar pengelolaan, standar tenaga pendidik dan kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pembiayaan dan standar penilaian. Manajemen Kepala Sekolah dalam melaksanakan manajemen sekolah sudah cukup baik, akan tetapi masih belum maksimal karena adanya beberapa hambatan atau problematika, khususnya dalam pengelolaan tenaga pendidik kependidikan dan pengelolaan sarana dan prasarana sekolah. Kata Kunci : Manajemen, Kepala Sekolah, Mutu Pendidikan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 06 May 2024 06:40 |
Last Modified: | 06 May 2024 06:40 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13077 |
Actions (login required)
View Item |