Pengaruh Kenaikan Tarif Ojek Online Terhadap Pendapatan Driver Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEBI IAIN Syekh Nurjati Cirebon)

Rizky Ardiansyah, (2024) Pengaruh Kenaikan Tarif Ojek Online Terhadap Pendapatan Driver Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEBI IAIN Syekh Nurjati Cirebon). Bachelor thesis, S1 Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008204040_1_cover.pdf

Download (690kB)
[img] Text
2008204040_2_bab1.pdf

Download (356kB)
[img] Text
2008204040_6_bab5.pdf

Download (18kB)
[img] Text
2008204040_7_dafpus.pdf

Download (99kB)

Abstract

Transportasi online muncul di tengah kondisi sistem transportasi di Indonesia yang belum tertata dengan baik. Beberapa perusahaan besar berlomba-lomba untuk membentuk perusahaan transportasi berbasis aplikasi online, beberapa di antaranya adalah Ojek Online, Grab, Anterin, Maxim dan Nujek. Kenaikan tarif ini didasarkan pada kenaikan upah minimum regional (UMR), asuransi pengemudi, pajak pertambahan nilai (PPN), dan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Kenaikan Tarif Ojek Online berpengaruh terhadap Pendapatan Driver pada mahasiswa FEBI IAIN Syekh Nurjati Cirebon dalam penggunaan ojek online serta untuk mengetahui bahwa kepuasan pelanggan memediasi hubungan Kenaikan tarif ojek online terhadap pendapatan driver. Masalah dalam penelitian ini yaitu masih banyak pelanggan khususnya mahasiswa FEBI IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang tidak mengetahui atas kenaikan tarif terutama dikalangan mahasiswa. Subjek pada penelitian ini yaitu mahasiswa FEBI IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Populasi pada penelitian ini sebanyak 2.398 mahasiswa. Sampel dalam penelitain kaliini sebanyak 96 mahasiswa dihitung dengan rumus slovin dengan teknik purpossive sampling. Metode analisis data pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan path analysist menggunakan SPSS Versi 25. Hasil penelitian ini yaitu secara parsial bahwa Kenaikan tarif ojek online memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap Kepuasan pelanggan, kemudian Kenaikan tarif ojek online memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap Pendapatan Driver, dan Kepuasan pelanggan memiliki pengaruh langsung dan signifikat terhadap Pendapatan driver. Secara simultan Kenaikan tarif ojek online memiliki pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap Pendpatan driver yang dimediasi oleh Kepuasan pelanggan. Kata Kunci: Kenaikan Tarif Ojek Online, Kepuasan Pelanggan, Pendapatan Driver.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 07 May 2024 01:57
Last Modified: 07 May 2024 01:57
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13081

Actions (login required)

View Item View Item