Dampak Pernikahan Di Bawah Umur Terhadap Kesejahteraan Rumah Tangga (Studi Kasus Kantor Urusan Agama Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon)

Dimas Triandiki, (2024) Dampak Pernikahan Di Bawah Umur Terhadap Kesejahteraan Rumah Tangga (Studi Kasus Kantor Urusan Agama Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, S1 Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Al-Syahsyiyyah) IAIN SNJ.

[img] Text
2008201051_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008201051_2_bab1.pdf

Download (376kB)
[img] Text
2008201051_6_bab5.pdf

Download (87kB)
[img] Text
2008201051_7_dafpus.pdf

Download (227kB)

Abstract

Pernikahan adalah ikatan suci antara laki laki dan perempuan sebagai suami istri dengan tujuan untuk membentuk keluarga yang sakinah. Sehingga pernikahan menuju keluarga sakinah tidak hanya membutuhkan persiapan fisik dan psikis tetapi juga diperlukan kesiapan sosial, ekonomi, emosi dan tanggung jawab. Dengan demikian pembatasan usia pernikahan merupakan salah satu asas penting karena Undang-Undang Perkawinan sudah mengatur dan jelas di sebutkan mengenai pembatasan usia pernikahan bahwa setiap calon suami dan calon isteri harus benar-benar matang secara fisik dan psikis. Namun demikian di Desa Kaliwulu Kecamatan Plered masih banyak fenomena pernikahan di bawah umur yang berdampak pada kesejahteraan rumah tangga. Berdasarkan uraian di atas penulis merumuskan permasalahan sebagai berikut: Bagaimana faktor yang menyebabkan terjadinya pernikahan dibawah umur di Kecamatan Plered, dan Bagaimana dampak pernikahan dibawah umur terhadap kesejahteraan rumah tangga di KUA Kecamatan Plered. Dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif, skripsi ini akan menggambarkan beberapa data yang diperoleh dari lapangan, baik dengan wawancara, observasi, maupun dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Kemudian dilanjutkan dengan proses reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan dengan metode analisis data. Selain itu, proses analisa tersebut juga didukung dengan kajian pustaka sebagai referensi untuk memperkuat data yang diperoleh dari lapangan. Sehingga dengan proses semacam itu, dapat diperoleh kesimpulan sebagai jawaban atas dua pertanyaan diatas. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa faktor yang menyebabkan pernikahan di bawah umur di Kantor Urusan Agama Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon adalah faktor kemauan sendiri yang di pengaruhi karena kedua pihak laki-laki dan perempuan sudah berpacaran dikarenakan dari pada timbulnya suatu fitnah langsung direstui oleh kedua pihak orang tuanya dan dipantau oleh orang tua mereka. Adapun pernikahan di bawah umur tersebut sangat berdampak terhadap kesejahteraan rumah tangga karena tidak stabilnya kematangan dan integritas pribadi dalam menyelesaikan permasalahan yang muncul. Beberapa dampaknya adalah beban orang tua bertambah, dan kurangnya kemandirian. Kata Kunci : Dampak, Pernikahan, Kesejahteraan

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Al-Syahsyiyyah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 07 May 2024 02:34
Last Modified: 07 May 2024 02:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13087

Actions (login required)

View Item View Item