ANALISIS PERAN BANK WAKAF MIKRO MEMBERDAYAKAN EKONOMI MASYARAKAT (Studi Kasus di Bank Wakaf Mikro (BWM) Buntet Pesantren)

Patimah Handaya Resmi, (2024) ANALISIS PERAN BANK WAKAF MIKRO MEMBERDAYAKAN EKONOMI MASYARAKAT (Studi Kasus di Bank Wakaf Mikro (BWM) Buntet Pesantren). Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
1908203082_1_cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
1908203082_2_bab1.pdf

Download (918kB)
[img] Text
1908203082_6_bab5.pdf

Download (771kB)
[img] Text
1908203082_7_dafpus.pdf

Download (616kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran bank wakaf mikro memberdayakan ekonomi masyarakat di Bank Wakaf Mikro Buntet Pesantren. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode Kualitatif adalah metode penelitian dengan melakukan analisis serta intrepetasi teks dan hasil interview dengan maksud menemukan makna dari suatu fenomena. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian, data yang dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi kemudian dianalisis dengan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian ini : Pertama, Pembiayaan yang diberikan oleh Bank Wakaf Mikro Buntet Pesantren kepada para nasabahnya berdampak positif atau baik karena dipergunakan sebagai modal usaha dalam rangka mengembangkan usaha mikro milik para nasabah. Pendampingan usaha yang dilakukan oleh Bank Wakaf Mikro Buntet Pesantren tidak sebatas pada pendampingan usaha, melainkan juga pendampingan spiritualitas dan religiusitas dari para nasabah Bank Wakaf Mikro Buntet Pesantren. Pembiayaan dan pendampingan tersebut berpengaruh terhadap adanya peningkatan jumlah produksi penjualan, pendapatan usaha, dan laba usaha. peningkatan jumlah produksi dan penjualan tersebut, mendorong terjadinya peningkatan kondisi perekonomian dari nasabah. Walaupun mengalami kenaikan, namun kenaikan tersebut tidak mengalami kenaikan signifikan. Peran Bank Wakaf Mikro (BWM) Buntet Pesantren dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat di Desa Buntet Pesantren adalah dalam hal pengembangan usaha mikro yang ada disekitar wilayah Bank Wakaf Mikro, dalam hal ini adalah BWM Buntet Pesantren. Kedua, Faktor pendukung pemberdayaan BWM Buntet Pesantren adalah dukungan dari pemerintah daerah, dukungan dari pihak pesantren, serta dari masyarakat jaringan antar nasabah UMKM. Sedangkan faktor penghambatnya adalah SDM pelaku usaha UMKM pada bidangnya masing-masing,serta tidak stabilnya bahan baku atau tarif-tarif lainnya. Kata Kunci : Bank Wakaf, Pemberdayaan ekonomi

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 08 May 2024 02:59
Last Modified: 08 May 2024 02:59
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13106

Actions (login required)

View Item View Item