Pengaruh Literasi Asuransi dan Harga Premi terhadap Minat Masyarakat Pada Asuransi Syariah (Studi Pada Masyarakat Desa Kasugengan Lor Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon)

Siti Nurkhodijah, (2024) Pengaruh Literasi Asuransi dan Harga Premi terhadap Minat Masyarakat Pada Asuransi Syariah (Studi Pada Masyarakat Desa Kasugengan Lor Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008203043_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008203043_2_bab1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008203043_6_bab5.pdf

Download (217kB)
[img] Text
2008203043_7_dafpus.pdf

Download (450kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkat literasi asuransi masyarakat Indonesia yang masih rendah dibandingkan tingkat literasi perbankan dan pergadaian, kebanyakan orang menganggap premi asuransi mahal. Kesadaran masyarakat terkait asuransi sebagai produk finansial dinilai masih rendah atau tidak sebaik produk finansial lainnya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah literasi asuransi dan harga premi berpengaruh terhadap minat masyarakat pada asuransi syariah. Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui apakah literasi asuransi dan harga premi berpengaruh terhadap minat masyarakat pada asuransi syariah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif. Adapun popuasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Kasugengan Lor Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling yaitu sebanyak 100 sampel. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, adapun skala pengukuran yang digunakan adalah skala likert. Berdasarkan hasil penelitian bahwa literasi asuransi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat masyarakat pada asuransi syariah sebesar 37,4%. Harga premi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat masyarakat pada asuransi syariah sebesar 34,2%. Variabel literasi asuransi dan harga premi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat pada asuransi syariah sebesar 51,4% dan sisanya 48,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci : Literasi asuransi, Harga Premi, Minat Konsumen

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 08 May 2024 07:36
Last Modified: 08 May 2024 07:36
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13118

Actions (login required)

View Item View Item