Strategi Pengelolaan Dana Pihak Ketiga Dan Modal Kerja Dalam Meningkatkan Profitabilitas Di BMT Gunungjati Cabang Kedawung

Silvie Nailil Huda, (2024) Strategi Pengelolaan Dana Pihak Ketiga Dan Modal Kerja Dalam Meningkatkan Profitabilitas Di BMT Gunungjati Cabang Kedawung. Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN SNJ.

[img] Text
2008203046_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008203046_2_bab1.pdf

Download (435kB)
[img] Text
2008203046_6_bab5.pdf

Download (181kB)
[img] Text
2008203046_7_dafpus.pdf

Download (368kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengelolaan dana pihak ketiga dan modal kerja dalam meningkatkan profitabilitas, dan kendala dalam pengelolaan dana pihak ketiga dan modal kerja di BMT Gunungjati Cabang Kedawung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang merupakan penelitian mendalam terhadap individu atau kelompok. Dimana sumber data didapatkan dari data primer yaitu dengan observasi dan wawancara langsung ke BMT, dan data sekunder dengan mencari jurnal atau dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini menemukan bahwa strategi yang digunakan dalam pengelolaan dana pihak ketiga yaitu menggunakan metode Pool of Funds Approunch, dimana BMT Gunungjati Cabang Kedawung menggabungkan semua sumber dana tanpa membedakan dari mana sumber dana tersebut, dan kemudian dana tersebut dialokasikan berdasarkan prioritasnya, dalam hal ini seluruh dana pihak ketiga di prioritaskan untuk digulirkan ke pembiayaan. Dari hasil perhitungan rasio profitabilitas GPM dan NPM menunjukan bahwa BMT Gunungjati cabang Kedawung mengalami penurunan dari tahun 2020-2022. Kemudian Strategi pengelolaan modal kerja yaitu melakukan deposito modal kerja ketika terdapat modal kerja yang berlebihan, BMT mendepositokan dana tersebut kepada bank syariah ataupun konvensional. Dan sebaliknya jika modal kerja mengalami kekurangan maka BMT akan mencari investor untuk modal kerja agar bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan operasional di BMT Gunungjati Cabang Kedawung. Tujuan menggunakan strategi tersebut adalah untuk meningkatkan profitabilitas BMT yang sedang menurun karena adanya pandemi covid. Dari hasil perhitungan ROE mengalami penurunan dari tahun 2020-2022. Sedangkan hasil ROA mengalami penurunan pada tahun 2021 kemudian ada kenaikan pada tahun 2022 yang membuat BMT kurang efektif dalam menjalankan kegiatan operasionalnya karena masih kurang dari strandar rasio profitabilitas. Kemudian kendala dalam mengelola dana pihak ketiga dan modal kerja di BMT yaitu terkait kurangnya sosialisasi terhadap masyarakat dikarenakan kekurangan karyawan di BMT dan Tidak sesuainya perencanaan awal pengelolaan modal kerja yang semula ingin digunakan untuk jangka pendek ketika modal kerja nya berlebih maka akan didepositokan yang kemudian akan digunakan untuk kebutuhan jangka panjang. Kata Kunci: Dana Pihak Ketiga, Modal Kerja, Profitabilitas.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 17 May 2024 02:34
Last Modified: 17 May 2024 02:35
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13152

Actions (login required)

View Item View Item