Pengaruh Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Terhadap Kualitas Proses Dan Hasil Belajar PAI di SMP Gugus Cilimus Kabupaten Kuningan

Een Nuraenah, (2020) Pengaruh Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Terhadap Kualitas Proses Dan Hasil Belajar PAI di SMP Gugus Cilimus Kabupaten Kuningan. Masters thesis, S-2 Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
AWALAN -DAFTAR ISI.pdf

Download (961kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (207kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (296kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk memecahkan masalah rendahnya tingkat penguasaan kompetensi pedagogik pada guru-guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di MGMP PAI Gugus Cilimus, Kabupaten Kuningan melalui penyediaan program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP). Tujuan penelitian ini ialah untuk memperoleh gambaran tentang pengaruh program PKP terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru, kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar PAI peserta didik di SMP Gugus Cilimus, Kabupaten Kuningan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto yang didesain menggunakan one group pretest-posttest. Penelitian ini dilakukan dengan mengimplementasikan program PKP menggunakan pola pembelajaran in service learning (In) - on the job learning (On) – in service learning (In) atau disebut dengan In-On-In. Partisipan terdiri dari 17 guru PAI dari setiap SMP di Gugus Cilimus dengan jumlah 1 orang guru PAI per sekolah, peserta didik dari 17 sekolah dengan jumlah sebanyak 544 peserta didik dengan jumlah 32 peserta didik per sekolah, serta Pengawas Sekolah dan Kepala Sekolah. Pengumpulan data menggunakan teknik (1) penilaian diri sendiri, (2) observasi, (3) tes tulis. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisa melalui uji normalitas, uji liniertas, dan uji hipotesis menggunakan paired sampel t-test. Berdasarkan perhitungan pada variabel kompetensi pedagogik guru, kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar PAI peserta didik diperoleh hasil 0,000 yang berarti nilai sig. < 0,05, maka H0 ditolak melalui uji Paired Sample T�Test. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang berarti antara hasil tes awal dan tes akhir pada varibel kompetensi pedagogik guru, kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar PAI peserta didik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 May 2024 03:07
Last Modified: 17 May 2024 03:07
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13155

Actions (login required)

View Item View Item