ANALISIS PENGARUH FAKTOR MODAL, MOTIVASI DAN LINGKUNGAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DITINJAU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon)

Anisah, (2024) ANALISIS PENGARUH FAKTOR MODAL, MOTIVASI DAN LINGKUNGAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DITINJAU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon). Bachelor thesis, S1 Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008204119_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2008204119_2_bab1.pdf

Download (605kB)
[img] Text
2008204119_6_bab5.pdf

Download (249kB)
[img] Text
2008204119_7_dafpus.pdf

Download (522kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tren peningkatan minat generasi muda untuk berwirausaha. Mereka terdorong untuk memasuki dunia bisnis dengan banyaknya seminar motivasi, buku, dan artikel berita yang menyoroti kesuksesan para pebisnis. Namun secara statistik Indonesia masih kekurangan wirausahawan. Idealnya, jumlah wirausahawan sekurang-kurangnya harus mencapai 4% dari total penduduk. Namun, kenyataannya jumlah wirausahawan Indonesia baru mencapai persentase 3,47% persen dari keseluruhan jumlah penduduk. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh faktor modal, motivasi dan lingkungan terhadap minat berwirausaha pada kalangan Mahasiswa/i IAiN Syekh Nurjati Cirebon khususnya pada Ekonomi Syariah angkatan 2020. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal dengan teknik analisis data menggunakan uji deskriptif, uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Uji F variabel modal, motivasi dan lingkungan berpengaruh secara simultan terhadap minat berwirausaha. Sedangkan hasil Uji T diperoleh bahwa variabel modal berpengaruh parsial terhadap minat berwirausaha, variabel motivasi berpengaruh parsial terhadap minat berwirausaha, dan variabel lingkungan juga berpengaruh parsial terhadap minat berwirausaha Kata Kunci : Modal, Motivasi, Lingkungan dan Minat Berwirausaha

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 29 May 2024 02:34
Last Modified: 29 May 2024 02:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13225

Actions (login required)

View Item View Item