Nurohmat, (2020) Pemahaman dan Kesiapan Warga MAN 4 Cirebon dalam Implementasi Gerakan Literasi Sekolah. Masters thesis, S-2 Manajemen Pendidikan Islam.
Text
AWALAN -DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (331kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (91kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (964kB) |
Abstract
Dalam mengimplementasikan Gerakan Literasi Sekolah (GLS), faktor pemahaman peserta didik tentang Gerakan Literasi dan kesiapan guru untuk menerapkan Gerakan Literasi di suatu madrasah sudah semestinya dimiliki. Hal ini dikarenakan gerakan Literasi Sekolah merupakan gerakan partisipatif yang melibatkan semua komponen warga madrasah terutama Kepala madrasah, guru�guru, dan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mendeskripsikan langkah-langkah kepala MAN 4 Cirebon dalam membangun pemahaman Gerakan Literasi Sekolah terhadap peserta didik MAN 4 Cirebon; 2) mendeskripsikan kesiapan guru-guru MAN 4 Cirebon untuk mengimplementasikan Gerakan Literasi Sekolah, , dan 3) mendeskripsikan ketercapaian tahapan implementasi Gerakan Literasi Sekolah di MAN 4 Cirebon. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan teknik analisis data menggunakan redukasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kepala MAN 4 Cirebon memiliki langkah-langkah dalam membangun pemahaman Gerakan Literasi Sekolah terhadap peserta didik MAN 4 Cirebon, sebagai berikut: mengadakan pelatihan internal tentang Gerakan Literasi Sekolah; membentuk Tim Literasi Sekolah/Madrasah; menyusun rencana aksi Gerakan Literasi Sekolah; dan sosialisasi rencana aksi Gerakan Literasi Sekolah terhadap peserta didik. Sosialisasi tentang Gerakan Literasi Sekolah disampaikan melalui strategi komunikasi sehingga peserta didik memiliki pemahaman tentang konsep Gerakan Literasi Sekolah meskipun pemahaman mereka baru sebatas pada gerakan membaca dan menulis. Namun, pemahaman peserta didik MAN 4 Cirebon mengenai peran mereka dalam mengimplementasikan Gerakan Literasi Sekolah sudah sangat baik. Kesiapan materiil yang dimiliki oleh guru-guru MAN 4 Cirebon diantaranya adalah tersedianya bahan bacaan yang terdapat pada perpustakaan madrasah, tersedianya majalah virtual, tersedianya pojok baca di sudut kelas dan tersedianya kesiapan anggaran. Sedangkan kesiapan non materiil yang dimiliki adalah kesiapan pengetahuan tentang Gerakan Literasi dan kesiapan manajerial dengan dibentuknya koordinator literasi di madrasah. Tahapan implementasi Gerakan Literasi pada MAN 4 Cirebon baru tahap pembiasaaan dengan bentuk kegiatan berupa pembiasaan membaca selama 15 menit dan kunjungan wajib ke perpustakaan, serta mengikuti lomba-lomba literasi. Indikator pencapaian tahapan literasi pada tahap pembiasaan di lingkungan warga MAN 4 Cirebon memenuhi sembilan indikator dari sepuluh indikator pencapaian. Kata Kunci: Pemahaman GLS, Kesiapan GLS, Implementasi GLS.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Literasi |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 07:45 |
Last Modified: | 05 Jun 2024 07:45 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13296 |
Actions (login required)
View Item |