Masrun, (2024) Strategi Manajemen Keuangan Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Sarana Dan Prasarana Penunjang Pendidikan di MTs Negeri 11 Cirebon. Masters thesis, S-2 Manajemen Pendidikan Islam.
Text
1. Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. BAB I.pdf Download (355kB) |
|
Text
6. BAB V.pdf Download (371kB) |
|
Text
7. Daftar Pustaka.pdf Download (256kB) |
Abstract
Fakta menunjukan bahwa masih banyak madrasah yang kesulitan dalam pengelolaan keuangan madrasah secara baik, mapan, rapih dan akuntabel, yang mengakibatkan kurang efektif dan efesien dalam pengelolaan keuangan, terutama yang berkaitan pembiayaan pengadaan sarana dan prasarana penunjang pendidikan Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mutu sarana dan prasarana pendidikan, strategi manajemen keuangan sekolah dalam meningkatkan mutu sarana dan prasarana penunjang pendidikan, dan dampak manajemen keuangan terhadap mutu pendidikan. Adapun kerangka pemikir dalam penelitian ini berupa strategi implementasi manajemen keuangan sekolah dalam meningkatkan mutu sarana dan prasarana penunjang pendidikan dengan keserasian dalam pengelolaan keuangan sekolah yang mengacu pada Peraturan Mendukbud Ristek Nomor 22 Tahun 2023 dan Juknis BOS dan BOP Tahun 2024. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi manajemen keuangan sekolah dalam meningkatkan mutu sarana dan prasarana penunjang pendidkan di MTs Negeri 11 Cirebon sudah dilakukan dengan baik. Dilihat dari hasil sebagai berikut: 1) Mutu sarana dan prasarana penunjang pendidikan berdasarkan Peraturan Mendikbud Ristek Nomor 22 Tahun 2023 tentang Standar Sarana dan Prasarana lembaga satuan pendidikan dan Juknis BOS dan BOP Tahun 2024 sudah baik dan 100% lengkap. 2) Implementasi strategi manajemen keuangan dalam meningkatkan mutu sarana dan prasanana penunjang pendidikan sudah sesuai dengan pedoman Peraturan pengelolaan keuangan yang belaku, baik dari Peraturan Menteri Keuangan (PMK), Peraturan Menteri Agama (PMA), dan Juknis BOS dan BOP Tahun 2024, yang dilakukan dengan prinsip fleksibilitas, efektifitas, efesiensi, akuntabilitas, dan transparan. 3) Dampak Manajemen Keuangan Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan: a) Keterlambatan dan kesalahan dapat segera diatasi dengan menempatkan pegawai yang memahami aplikasi keuangan, b) Manajemen keuangan yang baik berdampak posistif pada terpenuhinya kebutuhan sarana dan prasarana madrasah, dan mampu meningkatkan kualitas dan prestasi siswa. Kata Kunci : Manajemen Keuangan, Mutu, Sarana dan Prasarana
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 02:13 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 01:38 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13309 |
Actions (login required)
View Item |