Pengaruh Pajak Bumi dan Bangunan, Pajak Air Tanah, dan Pajak Reklame Terhadap Penerimaan Pajak Daerah Pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Cirebon Periode 2019- 2023, 2024.

Ahmad Puli Faganza, (2024) Pengaruh Pajak Bumi dan Bangunan, Pajak Air Tanah, dan Pajak Reklame Terhadap Penerimaan Pajak Daerah Pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Cirebon Periode 2019- 2023, 2024. Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah IAIN SNJ.

[img] Text
2008204083_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008204083_2_bab1.pdf

Download (532kB)
[img] Text
2008204083_6_bab5.pdf

Download (268kB)
[img] Text
2008204083_7_dafpus.pdf

Download (388kB)

Abstract

Pajak daerah merupakan salah satu sumber pendapatan daerah terbesar kedua di Kabupaten Cirebon, pajak daerah mempunyai peran penting dalam mendukung kemandirian dan kemajuan daerah, mendanai operasional pemerintah daerah, serta memperbaiki layanan publik. Kabupaten Cirebon memiliki potensi pajak daerah yang cukup besar, seiring dengan perkembangan wilayahnya sebagai kawasan industri. Adapun beberapa jenis pajak yang menjadi sektor potensial dan prospektif yaitu pajak bumi dan bangunan, pajak air tanah dan pajak reklame. Hal ini dibuktikan dengan realisasi penerimaan ketiga jenis pajak ini yang terus meningkat setiap tahunnya. Namun, potensi pajak daerah tersebut belum tergali secara optimal, karena masih adanya kesenjangan antara target dan realisasi penerimaan pajak daerah yang disebabkan oleh data dasar pengenaan pajak yang tidak akurat, rendahnya kesadaran dan kepatuhan wajib pajak, perluasan objek pajak yang belum maksimal, kebijakan pemerintah daerah yang sangat timpang, tidak jelasnya imbalan dan hukuman kepada wajib pajak, serta keterbatasan sumber daya manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pajak bumi dan bangunan, pajak air tanah, dan pajak reklame baik secara parsial maupun simultan terhadap penerimaan pajak daerah Kabupaten Cirebon periode 2019-2023. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) dan Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Cirebon. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda dengan alat analisisnya adalah SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pajak bumi dan bangunan serta pajak air tanah memberikan pengaruh signifikan terhadap penerimaan pajak daerah Kabupaten Cirebon. Sedangkan pajak reklame tidak berpengaruh signifikan terhadap penerimaan pajak daerah Kabupaten Cirebon. Berdasarkan hasil uji f (simultan), pajak bumi dan bangunan, pajak air tanah, dan pajak reklame secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap penerimaan pajak daerah Kabupaten Cirebon. Kata Kunci: Pajak Bumi dan Bangunan, Pajak Air Tanah, Pajak Reklame, Penerimaan Pajak Daerah

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 10 Jun 2024 03:28
Last Modified: 10 Jun 2024 03:28
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13321

Actions (login required)

View Item View Item