ANALISIS PERAN MEDIA MASSA DALAM PENDIDIKAN POLITIK PADA PEMILIHAN UMUM 2024 DI KOTA CIREBON DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 40 TAHUN 1999 TENTANG PERS (Studi Kasus Surat Kabar Fajar Cirebon)

Fadlih Abdul Hakim, (2024) ANALISIS PERAN MEDIA MASSA DALAM PENDIDIKAN POLITIK PADA PEMILIHAN UMUM 2024 DI KOTA CIREBON DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 40 TAHUN 1999 TENTANG PERS (Studi Kasus Surat Kabar Fajar Cirebon). Bachelor thesis, S1 Hukum Tata Negara Islam IAIN SNJ.

[img] Text
2008206017_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2008206017_2_bab1.pdf

Download (885kB)
[img] Text
2008206017_6_bab5.pdf

Download (332kB)
[img] Text
2008206017_7_dafpus.pdf

Download (726kB)

Abstract

Pelaksanaan Pemilihan Umum 2024 agar berjalan dengan baik dan menghasilkan pemimpin atau anggota legislatif yang berkualitas diperlukan dipersiapkan dengan matang oleh pihak penyelenggara. Selain itu, perlu adanya media edukasi politik dan pengawasan untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat terhadap jalannya proses pencalonan sampai setelah pemungutan suara dilaksanakan. Hal ini guna memastikan proses demokrasi tersebut berjalan sesuai dengan regulasi yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dirumuskan sebagai masalah, yaitu: peran pemberitaan Surat Kabar Fajar Cirebon dalam pendidikan politik. Kemudian faktor yang memengaruhi Surat Kabar Fajar Cirebon dalam melakukan pendidikan politik. Serta dampak dari Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers terhadap peran media massa dalam menyediakan informasi pendidikan politik pada Pemilihan Umum 2024 di Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode yuridis empiris dengan pendekatan penelitian studi kasus. Data yang dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi kemudian dianalisis dengan metode analisis deskriptif. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa pertama, peran media massa dalam pendidikan politik pada pemilu 2024 yakni sebagai pembentuk opini publik dalam mempengaruhi calon pemimpin atau calon legislatif, lalu media massa juga menyediakan wadah bagi calon pemimpin atau calon legislatif untuk menuangkan gagasannya, serta media massa dengan kapasitasnya berperan sebagai pihak penyeimbang dan pengawas selama pemilu berlangsung. Kedua, proses pemberitaan yang dilakukan Harian Umum Fajar Cirebon hingga layak edar untuk masyarakat terdapat tahapan-tahapannya yang dilalui. Kualitas dan kredibilitas sudah pasti terjamin ketika sudah terbit. Ketiga, Dibentuknya Undang-Undang No. 40 tahun 1999 tentang Pers merupakan bentuk kedaulatan rakyat agar dapat memberi dampak yang baik bagi masyarakat dan negara. Dampak UU Pers terhadap media massa yang tercantum dari pasal-pasalnya mulai dari akses informasi politik yang mudah dan tingkat akurasi kebenarannya terjamin, dan dalam hal memproduksi informasi media massa akan lebih leluasa karena kebebasannya terjamin oleh negara. Kata Kunci: Pendidikan Politik, Pemilihan Umum, Media Massa

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 12 Jun 2024 04:16
Last Modified: 12 Jun 2024 04:16
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13342

Actions (login required)

View Item View Item