UPAYA MENGHIDUPKAN KEMBALI NILAI-NILAI PANCASILA SEBAGAI PANDANGAN HIDUP GENERASI Z DALAM MENGHADAPI ARUS GLOBALISASI (Studi Kasus di Desa Panjalin Kidul Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka)

Fika Siti Nurfalah, (2024) UPAYA MENGHIDUPKAN KEMBALI NILAI-NILAI PANCASILA SEBAGAI PANDANGAN HIDUP GENERASI Z DALAM MENGHADAPI ARUS GLOBALISASI (Studi Kasus di Desa Panjalin Kidul Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka). Bachelor thesis, S1 Hukum Tata Negara Islam IAIN SNJ.

[img] Text
2008206067_1_cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2008206067_2_bab1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008206067_6_bab5.pdf

Download (543kB)
[img] Text
2008206067_7_dafpus.pdf

Download (668kB)

Abstract

Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara memiliki peranan penting dan fundamental dalam mengarahkan kehidupan berbangsa dan bernegara. Semua aspek kehidupan bangsa menyangkut kehidupan politik, hukum, ekonomi, sosial dan budaya harus mengacu dan bersandar pada Pancasila. Nilai-nilai Pancasila harus dijadikan landasan perilaku atau tindakan setiap warga negara. Derasnya arus globalisasi tidak dapat kita hindari, teknologi yang semakin canggih memiliki dampak positif dan dampak negatif. Berkembangnya teknologi informasi memudahkan kita untuk mengakses informasi dari seluruh penjuru dunia, sehingga kebudayaan luar dapat dengan mudah masuk dan mudah ditiru oleh Generasi Z. Dampak negatif arus globalisasi dapat menggeser kebudayaan lokal, akibatnya banyak generasi Z yang berperilaku tidak sejalan dengan nilai-nilai Pancasila, kondisi seperti ini sangat mengancam nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk : pertama, mengetahui upaya yang harus dilakukan dalam menghidupkan kembali nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup generasi Z di Desa Panjalin Kidul Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka. Kedua, mengetahui apa saja hambatan terhadap penanaman nilai-nilai Pancasila bagi generasi Z di Desa Panjalin Kidul Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang menekankan pada data deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi, kemudian disusun secara rinci sehingga dapat menjawab suatu permasalahan. Upaya menghidupkan kembali nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup dapat dilakukan dengan melakukan pendidikan Pancasila di lingkukangan keluarga, pendidikan Pancasila di lingkungan pendidikan, sosialisasi penguatan nilai-nilai Pancasila di lingkungan masyarakat dan menumbuhkan rasa nasionalisme melalui perayaan hari-hari besar. Masih banyak generasi Z yang tidak mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari mereka. Faktor penghambat terhadap penanaman nilia-nilai Pancasila bagi generasi Z salah satunya yaitu ketidak pahaman terhadap cara pengimplementasian nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Arus globalisasi juga menjadi penghambat penanaman nilai-nilai Pancasila, dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi yang memiliki dampak negatif dan positif. Kemajuan teknologi digunakan generasi Z untuk bermain game, sosial media, bahkan judi online. Hal tersebutlah yang menjadikan generasi Z malas untuk belajar, terkhusus belajar mengenai nilai-nilai Pancasila dan pengimplementasiannya. Kata Kunci: Nilai-nilai Pancasila, Generasi Z, Globalisasi

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 13 Jun 2024 01:24
Last Modified: 13 Jun 2024 01:24
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13353

Actions (login required)

View Item View Item