PENTINGNYA KESETARAAN PEMBAGIAN PERAN ANTARA SUAMI DAN ISTRI DALAM PERSPEKTIF HUKUM KELUARGA (Studi Kasus di Desa Gamel Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon)

Anis Safitri, (2024) PENTINGNYA KESETARAAN PEMBAGIAN PERAN ANTARA SUAMI DAN ISTRI DALAM PERSPEKTIF HUKUM KELUARGA (Studi Kasus di Desa Gamel Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, S1 Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Al-Syahsyiyyah) IAIN SNJ.

[img] Text
2008201085_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008201085_2_bab1.pdf

Download (554kB)
[img] Text
2008201085_6_bab5.pdf

Download (371kB)
[img] Text
2008201085_7_dafpus.pdf

Download (388kB)

Abstract

Dalam pernikahan seharusnya mengerjakan kegiatan rumah tangga dan mengasuh anak adalah tugas bersama bukan hanya tanggung jawab istri. Akan ada dampak yang muncul bagi seorang istri jika suami tidak menjalankan perannya dalam rumah tangga. Dampak dari suami yang tidak ikut menjalankan perannya dalam rumah tangga contohnya seperti istri yang selalu mengeluh, mudah marah, sensitif perasaannya, dan lain-lain. Maka dari itu penulis akan melakukan penelitian untuk mengungkap apa saja faktor penyebab suami tidak menjalankan perannya dan tidak ikut serta dalam kegiatan rumah tangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa yang menyebabkan suami tidak melaksanakan perannya dalam kegiatan rumah tangga di Desa Gamel. Untuk mengetahui bagaimana dampak bagi seorang istri ketika suami tidak melaksanakan perannya sebagai seorang suami dalam rumah tangga di Desa Gamel. Untuk mengetahui tinjauan hukum keluarga terhadap suami yang tidak melaksanakan perannya dalam kegiatan rumah tangga di Desa Gamel. Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, metode kualitatif sudah biasa digunakan dalam penelitian karena metode ini karena lebih muda difahami. Adapun hasil dari penelitian ini adalah faktor yang menyebabkan suami tidak maksimal dalam menjalamkan perannya di Desa Gamel ada tiga: Pertama, dampak yang ditimbulkan dari suami yang kurang pengetahuan tentang kewajibannya dalam rumah tangga adalah istri yang merasa terbebani karena seluruh pekerjaan rumah dan mengurus anak-anak sendirian, padahal hal tersebut adalah tanggung jawab bersama. Kedua, dampak dari suami dan istri yang berbeda tempat tinggal adalah terdapat banyak kekosongan peran dalam rumah tangga, sehingga istri kehilangan peran suami dalam mendampingi seorang istri dan menjaga anak sehingga istri merasa lelah dan emosi yang tidak stabil. Ketiga, faktor ekonomi berdampak kepada istri memiliki peran ganda dalam rumah tangga, menjadi pencari nafkah karena membantu suami dan menjadi ibu rumah tangga yang mengurus urusan rumah tangga, namun istri dapat menerima dan bersyukur akan hal tersebut membuat istri menjadi ikhlas dan bahagia menjalaninya. Kata Kunci: Kesetaraan, Suami, Istri dan Hukum Keluarga.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Al-Syahsyiyyah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 13 Jun 2024 03:18
Last Modified: 13 Jun 2024 03:18
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13362

Actions (login required)

View Item View Item