Orientasi Buku Ajar Mata Pelajaran Akidah Akhlah Madrasah Aliyah (Analisis Kritis Perspektif Visi Islam Toleran, Anti Kekerasan Seksual dan Anti Perundungan)

Ma ' rufin, (2024) Orientasi Buku Ajar Mata Pelajaran Akidah Akhlah Madrasah Aliyah (Analisis Kritis Perspektif Visi Islam Toleran, Anti Kekerasan Seksual dan Anti Perundungan). Masters thesis, S2-Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
1. COVER - DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (752kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (415kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)

Abstract

Dewasa ini lembaga pendidikan dihadapkan pada mesalah intoleransi, kekerasan seksual dan perundungan. Salah satu penyebabnya adalah pemahaman stake holder pendidikan yang kirang bahkan tidak komprehensif dalam memahami intoleransi, kekerasan seksual dan perundungan. Penelitian ini membahas tentang bagaimana materi ajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Madrasah Aliyah menyajikan materi yang berhubungan dengan masalah ini sebagai bentuk penaggulangan dan pencegahannya. Dalam telaah buku teks Mata Pelajaran Akidah Akhlak Madrasah Aliyah ditemukan fakta bahwa pada masalah intoleransi, buku ini meyajikan secara garis besar sudah lengkap dan utuh. Hal ini dapat dilihat dari pembahasan Islam washatiyah dan anjuran kerukunan antar umat beragama dengan mengedepankan sikap tasamuh, musawah, tawasuth dan ukhuwah. Sebaliknya penyajian materi yang berkaitan dengan kekerasan seksual dan perundungan pada buku ini bukan materi pokok yang secara spesifik membahas keduanya., melainkan hanya menyajikan materi-materi skunder yang memang berkaitan seperti misalnya kisah Nabi Luth as., dan kaumnya, adab berpakaian, berjalan, berhias, menghindari perbuatan zina, licik, zalim, diskriminasi dan adab pergaulan remaja. Dengan demikian sebagai kesimpulan dalam penelitian ini adalah nampaknya Kementerian Agama sudah mempunyai rumusan yang terstruktur dan sistematis dalam penyajian materi intoleransi. Hal ini dikarenakan masalah intoleransi merupakan wilayah kerja Kementerian Agama. Sementara itu pada masalah kekerasan seksual dan perundungan, Kementrian Agama belum/tidak memliki konsep yang terstruktur sehingga penyajiannya tidak terlalu mendalam karena masalah ini merupakan wilayah kerja Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perindungan Anak. Kata Kunci : Buku Ajar, Intoleransi, Kekerasan Seksual, Perundungan

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Literasi
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 25 Jun 2024 03:03
Last Modified: 26 Jun 2024 01:52
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13381

Actions (login required)

View Item View Item