Studi Komparasi Kemampuan Membaca Al-Qur’an Antara Menggunakan Metode Ummi Di SDSI Al Farabi Dan Metode Qiroati Di MI Al Washliyah Perbutulan.

Rosinah, (2024) Studi Komparasi Kemampuan Membaca Al-Qur’an Antara Menggunakan Metode Ummi Di SDSI Al Farabi Dan Metode Qiroati Di MI Al Washliyah Perbutulan. Masters thesis, S2-Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
AWALAN -DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (180kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (218kB)

Abstract

Pentingnya pembelajaran Al-Qur’an terhadap anak agar dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan ilmu tajwid, fashohah, maupun gharibnya maka saat ini begitu banyak Lembaga Pendidikan yang mengadakan program belajar mengaji dengan berbagai macam metode yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi kemampuan membaca Al-Qur’an siswa dengan menggunakan metode Ummi di SDSI Al Farabi. Untuk mengetahui seberapa tinggi kemampuan membaca Al-Qur’an siswa dengan menggunakan metode Qiroati di MI Al Washliyah. Untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa dengan menggunakan metode Ummi dan Siswa yang menggunakan metode Qiroati. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif komparasi dengan menggunakan uji independen t-test melalui rumus uji mann whitney, dengan menggabungkan dua jenis yaitu studi kepustakaan dan studi lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, tes dan kajian literatur. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Hasil dari tes kemampuan membaca Al�Qur’an peserta didik yang belajar menggunakan Metode ummi rata-rata berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 6,38 hal ini bisa dilihat dari sampel 77 siswa. 2) sedangkan hasil dari tes kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik yang belajar menggunakan Metode qiroati rata- rata berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 6, 87 hal ini bisa dilihat dari sampel yang sama dengan metode ummi yaitu berjumlah 77 siswa. 3) Dalam pengujian hipotesis komparasi kemampuan membaca al qur’an antara menggunakan metode ummi di SDSI Al Farabi dan metode qiroati di MI Al Washliyah Perbutulan menggunakan uji t-test adalah dengan ketentuan membandingkan

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Literasi
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 25 Jun 2024 03:09
Last Modified: 26 Jun 2024 02:37
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13383

Actions (login required)

View Item View Item