PENGARUH FINANCIAL TECHNOLOGY, LITERASI KEUANGAN DAN FINANCIAL SELF EFFICACY TERHADAP INKLUSI KEUANGAN (Studi Kasus pada Generasi Z di kecamatan Sedong kabupaten Cirebon)

Tria Endang Agustina, (2024) PENGARUH FINANCIAL TECHNOLOGY, LITERASI KEUANGAN DAN FINANCIAL SELF EFFICACY TERHADAP INKLUSI KEUANGAN (Studi Kasus pada Generasi Z di kecamatan Sedong kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah IAIN SNJ.

[img] Text
2008204116_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2008204116_2_bab1.pdf

Download (594kB)
[img] Text
2008204116_6_bab5.pdf

Download (396kB)
[img] Text
2008204116_7_dafpus.pdf

Download (395kB)

Abstract

Inklusi keuangan menjadi salah satu topik yang sangat penting untuk dibahas sejak diresmikannya SNLKI sebagai langkah awal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk meningkatkan upaya kesejahteraan masyarakat dalam konteks literasi dan inklusi keuangan, berbagai upaya diterapkan dengan menyesuaikan perkembangan zaman dengan memanfaatkan jaringan internet dalam memperluas kesempatan masyarakat mengakses layanan lembaga keuangan. Generasi Z saat ini memiliki peranan yang besar dalam meningkatkan inklusi keuangan karena mendominasi jumlah penduduk saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh financial technology, literasi keuangan, financial self-efficacy terhadap inklusi keuangan pada generasi Z di Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Penentuan jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 97 responden dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah menggunakan Non Probability sampling dengan teknik Purposive Sampling. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner digital yaitu google form dengan skala likert. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan teknik Regresi Linear Berganda menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukakan bahwa financial technology, literasi keuangan dan financial self efficacy berpengaruh secara simultan terhadap inklusi keuangan. Analisis data menggunakan hasil Uji T diperoleh bahwa variabel financial technology secara parsial tidak memiliki pengaruh terhadap inklusi keuangan. Sedangkan variabel literasi keuangan dan variabel financial self efficacy secara parsial mempengaruhi variabel inklusi keuangan. Kata Kunci: Financial Technology, Literasi Keuangan, Financial Self Efficacy, Inklusi Keuangan

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 26 Jun 2024 03:10
Last Modified: 26 Jun 2024 03:10
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13480

Actions (login required)

View Item View Item