PENGARUH KERAGAMAN PRODUK DAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH DI BANK BJB SYARIAH KCP SUMBER. Skripsi di bawah Bimbingan Bapak Abdul Fatakh, S.Hi., S.H., M.Hum dan Nining Wahyuningsih, S.E., M.M

Rahma Diyanti, (2024) PENGARUH KERAGAMAN PRODUK DAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH DI BANK BJB SYARIAH KCP SUMBER. Skripsi di bawah Bimbingan Bapak Abdul Fatakh, S.Hi., S.H., M.Hum dan Nining Wahyuningsih, S.E., M.M. Bachelor thesis, S1-Perbankan Syariah.

[img] Text
1708203002_1_cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
1708203002_2_bab1.pdf

Download (609kB)
[img] Text
1708203002_6_bab5.pdf

Download (471kB)
[img] Text
1708203002_7_dafpus.pdf

Download (612kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keragaman produk dan etika bisnis islam terhadap minat menjadi nasabah Bank BJB Syariah KCP Sumber. Penelitian ini akan mengkaji pengaruh variabel keragaman produk secara terpisah terhadap minat pembelian konsumen, serta pengaruh variabel etika bisnis Islam terhadap minat pembelian konsumen. Selain itu, penelitian ini juga akan melihat pengaruh bersama-sama dari variabel keragaman produk dan variabel etika bisnis Islam terhadap minat nasabah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan responden nasabah Bank BJB Syariah KCP Sumber, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan program JASP 0.0.18.3.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa koefisien regresi untuk variabel keragaman produk dan etika bisnis Islam memiliki pengaruh positif terhadap minat konsumen. Nilai konstan (Y) sebesar 46,060 mengindikasikan bahwa jika nilai dari variabel keragaman produk (X1) dan etika bisnis Islam (X2) adalah 0 (nol), maka minat pembelian konsumen (Y) akan tetap pada angka 46,060. Selain itu, jika terjadi peningkatan pada koefisien regresi X1 (keragaman produk), maka minat pembelian konsumen (Y) juga akan meningkat, dengan asumsi variabel X2 (etika bisnis Islam) konstan, dan sebaliknya. Berdasarkan analisis data uji hipotesis menggunakan uji T, ditemukan pengaruh positif dan signifikan antara variabel independen dan variabel dependen terhadap minat nasabah Bank BJB Syariah KCP Sumber. Selanjutnya, uji F menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama antara variabel independen dan variabel dependen, dengan nilai sebesar 353,112 dan signifikansi < 0,001. Pengaruh antara variabel independen dan variabel dependen, ditunjukkan oleh koefisien determinasi sebesar 0.938, yang mengindikasikan bahwa pengaruh tersebut mencapai 93,8%. Sisanya, sekitar 6,2%, diduga berasal dari variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Keragaman Produk, Minat, Nasabah, Perbankan

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 17 Jul 2024 04:00
Last Modified: 17 Jul 2024 04:01
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13559

Actions (login required)

View Item View Item