Pengaruh Independensi, Akuntabilitas, Kompleksitas Tugas, dan Etika Auditor terhadap Kinerja Auditor pada Inspektorat Kabupaten Cirebon

AULIA MAHARANI J, (2024) Pengaruh Independensi, Akuntabilitas, Kompleksitas Tugas, dan Etika Auditor terhadap Kinerja Auditor pada Inspektorat Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1-Akutansi Syariah.

[img] Text
2008205037_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2008205037_2_bab1.pdf

Download (543kB)
[img] Text
2008205037_6_bab5.pdf

Download (269kB)
[img] Text
2008205037_7_dafpus.pdf

Download (388kB)

Abstract

Dalam menjalankan peran strategisnya, Inspektorat Daerah sebagai auditor internal dituntut untuk memiliki kinerja yang baik guna terlaksananya penyelenggaraan urusan pemerintahan yang bersih dan akuntabel. Dari Hasil Pemeriksaan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah, ditemukan bahwa: Pertama, belum optimalnya kapasitas dan akuntabilitas kinerja pemerintah. Kedua, keselarasan/konsistensi antara perencanaan program, kegiatan, dan anggaran sesuai dengan tupoksi perangkat daerah belum berjalan dengan baik. Ketiga, belum optimalnya sistem pengendalian intern pemerintah di Kabupaten Cirebon. Keempat, belum optimalnya kinerja, peran, kapasitas, dan akuntabilitas Aparat Pengawasan Internal Pemerintah/Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintah Daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh independensi, akuntabilitas, kompleksitas tugas, dan etika auditor terhadap kinerja auditor pada Inspektorat Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh auditor dan Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintah Daerah di Inspektorat Kabupaten Cirebon sebanyak 66 auditor. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 40 responden dengan menggunakan metode simple random sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, analisis korelasi rank spearman, dan uji hipotesis mannwhitney dan kruskal-wallis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan Independensi terhadap Kinerja Auditor pada Inspektorat Kabupaten Cirebon, terdapat pengaruh secara signifikan Akuntabilitas terhadap Kinerja Auditor pada Inspektorat Kabupaten Cirebon, terdapat pengaruh secara signifikan Kompleksitas Tugas terhadap Kinerja Auditor pada Inspektorat Kabupaten Cirebon, terdapat pengaruh secara signifikan Etika Auditor terhadap Kinerja Auditor pada Inspektorat Kabupaten Cirebon, dan terdapat pengaruh secara signifikan Independensi, Akuntabilitas, Kompleksitas Tugas, dan Etika Auditor terhadap Kinerja Auditor pada Inspektorat Kabupaten Cirebon. Kata Kunci: Independensi, Akuntabilitas, Kompleksitas Tugas, Etika Auditor, Kinerja Auditor.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 22 Jul 2024 03:42
Last Modified: 22 Jul 2024 03:42
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13615

Actions (login required)

View Item View Item