Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban, Teknologi Informasi Dan Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Efektivitas Pengendalian Biaya (Studi Kasus pada Badan Keuangan Dan Aset Daerah Kabupaten Cirebon )

AJENG DWI HERYANTI, (2024) Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban, Teknologi Informasi Dan Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Efektivitas Pengendalian Biaya (Studi Kasus pada Badan Keuangan Dan Aset Daerah Kabupaten Cirebon ). Bachelor thesis, S1-Akutansi Syariah.

[img] Text
2008205067_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008205067_2_bab1.pdf

Download (356kB)
[img] Text
2008205067_6_bab5.pdf

Download (175kB)
[img] Text
2008205067_7_dafpus.pdf

Download (327kB)

Abstract

Di Indonesia kasus penyimpangan anggaran banyak dilakukan pada tingkat pemerintah daerah bahkan ke tingkat lebih kecil lagi seperti dinas. Kebocoran anggaran terjadi di semua instansi pemerintahan dalam berbagai sektor. Penyimpangan ini bisa berupa perjalanan dinas yang di rekayasa, laporan maupun penyetoran kuitansi yang sudah di markup dan dapat berupa pemungutan biaya pada pelayanan yang seharusnya gratis. Dikarenakan masih banyak beberapa SKPD yang belum melakukan rekonsiliasi seta belum menerapkan nya akuntansi pertanggungjawaban dengan baik. BKAD Kabupaten Cirebon masih belum bisa mengimplementasikan teknologi informasi dengan baik dikarenakan kurang siapnya BKAD sendiri dalam segi pegawai dan keterbatasan data. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban, Teknologi Informasi dan Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Efektivitas Pengendalian Biaya pada Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan teknik Random Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai BKAD Kabupaten Cirebon dengan jumlah sampel sebanyak 68 orang. Dengan melakukan uji kuesioner yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabiltas. Lalu uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, uji dan uji linearitas, serta ada uji T (Parsial), uji F (Simultan), dan uji determinasi. Teknis analisi pada penelitian ini menggunakan metode analisis berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa akuntansi pertanggungjawaban berpengaruh positif terhadap efektivitas pengendalian biaya, hal ini dibuktikan dengan nilai Thitung > Ttabel yaitu (2,249 > 1,671) dan nilai signifikan (0,018 < 0,05). Pimpinan mampu mendelegasikan wewenang dan tanggungjawab untuk mendorong serta mencapai tujuannya. Teknologi informasi berpengaruh negatif signifikan terhadap efektivitas pengendalian biaya, hal ini dibuktikan dengan nilai Thitung < Ttabel yaitu (-4,938 < 1,671) dan nilai signifikan (0,000 < 0,05). Karena teknologi informasi yang baik dapat menghasilkan kemudahaan bagi pegawai dalam mengolah informasi sehingga pekerjaan mudah diselesaikan dengan cepat. Partisipasi penyusunan anggaran berpengaruh positif terhadap efektivitas pengendalian biaya, hal ini dibuktikan dengan nilai Thitung > Ttabel yaitu (3,727 > 1,671) dan nilai signifikan (0,000 < 0,05). Karena partisipasi yang baik diharapkan dapat meningkatkan kinerja ketika suatu tujuan dirancang dan disetujui. Akuntansi pertanggungjawaban, teknologi informasi dan partsipasi penyusunan anggaran berpengaruh signifikan terhadap efektivitas pengendalian biaya, hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu (14,983 > 2,748) dan nilai signifikansi sebesar (0,000 < 0,05). Kata Kunci: Akuntansi, Efektivitas, Anggaran

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 22 Jul 2024 06:52
Last Modified: 22 Jul 2024 06:52
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13627

Actions (login required)

View Item View Item