PENGARUH BIAVA PRODUKSI DAN BIAYA PEMASARAN TERHADAP LABA BERSIH DENGAN VOLUME PENJUALĂN SEBAGAI VARIĂBEL MODERASI (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman Di Bursa Efek Indonesia Periode 2020-2022)

INA NURLIANA, (2024) PENGARUH BIAVA PRODUKSI DAN BIAYA PEMASARAN TERHADAP LABA BERSIH DENGAN VOLUME PENJUALĂN SEBAGAI VARIĂBEL MODERASI (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman Di Bursa Efek Indonesia Periode 2020-2022). Bachelor thesis, S1-Akutansi Syariah.

[img] Text
2008205022_1_cover.pdf

Download (7MB)
[img] Text
2008205022_2_bab1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2008205022_6_bab5.pdf

Download (748kB)
[img] Text
2008205022_7_dafpus.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya produksi (XI), biaya pemasaran (X2) terhadap laba bersih (Y), volume penjualan (Z) memoderasi pengaruh biaya produksi, biaya pernasaran terhadap laba bersih pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman Yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2020-2022. Penentuan sampel dilakukan menggunakan puposive sample. Populasi Yang digunakan yaitu perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman Yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2020-2022 Yang berjumlah 36 perusahaan, setelah melakukan puposive sample didapat 16 perus.ahaan Yang memenuhi kriteria. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda, regresi moderasi dan uji asumsi klagik untuk mengetahui pengaruh dari variabel independen terhadap variabel dependen dan mengetahui apakah variabel moderasi mampu memoderasi pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa biaya produksi tidak berpengaruh terhadap laba bersih (t hitung sebesar 0,072 dengan probabilitas 0,943), biaya pemasaran berpengaruh positif terhadap laba bersih (t hitung sebesar 7,053 dengan probabilitas 0,000), volume penjualan mampu memoderasi (memperkuat) pengaruh biaya produksi terhadap laba bergih (t hitung sebegar -3,623 dengan probabilitas 0,001) dan volume penjualan mampu memoderasi (memperkuat) pengaruh biaya pemasaran terhadap laba bersih (t hitung sebesar 3,860 dengan probabilitas 0,000). Untuk penelitian selanjutnya diharapkan menambahkan tahun sampel dan menambahkan variabel agar mendapatkan hasil Yang lebih akurat. Kata : Biaya Produks•i, Biaya Pemasaran, Volume dan Laba Bersih

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 22 Jul 2024 07:23
Last Modified: 22 Jul 2024 07:23
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13634

Actions (login required)

View Item View Item