Analisis Perilaku Biaya Sebagai Alat Pengendalian Laba Pada UKM Jenang Auliya Dalam Pengambilan Keputusan Penetapan Harga Jual Produk

SIHAR ATTARUK, (2024) Analisis Perilaku Biaya Sebagai Alat Pengendalian Laba Pada UKM Jenang Auliya Dalam Pengambilan Keputusan Penetapan Harga Jual Produk. Bachelor thesis, S1-Akutansi Syariah.

[img] Text
2008205046_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008205046_2_bab1.pdf

Download (760kB)
[img] Text
2008205046_6_bab5.pdf

Download (366kB)
[img] Text
2008205046_7_dafpus.pdf

Download (494kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang biaya produksi dalam menentukan harga jual pada UKM Jenang Auliya di Kelurahan Klemunan RT 03 RW 05 Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan menggunakan metode pendekatan deskripsi. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh langsung dari pihak perusahaan seperti data hasil wawancara dengan pihak perusahaan serta data berupa informasi biaya-biaya produksi perusahaan selama bulan januari sampai bulan februari 2024. Sedangkan data sekunder diperoleh dari buku, jurnal, internet atau media lainnya yang mendukug penelitian ini. Metode data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam hasil analisis data, hasil penelitian menunjukan bahwa biaya produksi yang dilakukan perusahaan UKM Jenang Auliya dalam menentukan harga jual menggunakan pendekatan variable costing. Metode yang dilakukan perusahaan UKM Jenang Auliya yaitu berdasarkan atau hanya menghitung biaya-biaya yang dikeluarkan seperti biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik variabel. Maka dari hasil perhitungan yang dilakukan peneliti menghasilkan harga jual dengan metode cost plus pricing yaitu dengan taksiran penuh sebesar Rp. 8.330.988 dengan laba yang diharapkan oleh perusahaan sebesar 30% dan hasil unit produksi dalam sebulan dengan berat 675 kg. Maka menghasilkan harga jual sebesar Rp. 16.044 untuk kemasan 250 g. Sedangkan dari hasil estimasi perusahaan yaitu sebesar Rp. 11.704/250g dan perusahaan menentukan harga jual untuk setiap kemasan jenang dengan harga jual Rp. 15.215 untuk kemasan 250 g. Dalam penentuan harga dengan menghitung seluruh biaya produksi sebagai dasar dalam menentukan harga jual suatu produk tersebut bisa dikatakan tidak efektiv. Yang dimana perusahaan belum terlalu baik dalam menghitung seluruh biaya-biaya produksi yang berpengaruh dalam proses produksi jenang. Yang dimana perusahaan UKM Jenang Auliya hanya menjumlahkan biaya produksi yang sering dikeluarkan selama proses produksi. Dengan demikian berdasarkan hasil yang telah dilakukan peneliti dimana penentuan harga jual suatu produk belum terlalu efektiv. Kata kunci : Perilaku biaya, UKM Jenang dan Penetapan harga jual produk

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 22 Jul 2024 07:49
Last Modified: 22 Jul 2024 07:50
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13639

Actions (login required)

View Item View Item