PENGARUH ETIKA PROFESI DAN PROFESIONALISME TERHADAP PENCEGAHAN FRAUD PADA BANK SYARIAH (Studi pada Bank BTN Syariah Kantor Cabang Cirebon)

Nilatur Roghibah, (2024) PENGARUH ETIKA PROFESI DAN PROFESIONALISME TERHADAP PENCEGAHAN FRAUD PADA BANK SYARIAH (Studi pada Bank BTN Syariah Kantor Cabang Cirebon). Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
AWALAN -DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (572kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (549kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (566kB)

Abstract

Pertumbuhan industri perbankan syariah didorong oleh permintaan konsumen, dan dukungan oleh pemerintah yang mengeluarkan regulasi untuk mendukung pengembangan sektor perbankan. Kasus penipuan telah menjadi fokus perhatian semua kalangan masyarakat, khususnya kasus pelaporan keuangan yang menimpa baik perusahaan besar maupun kecil. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis tentang pengaruh etika profesi dan profesionalisme terhadap pencegahan fraud pada bank syariah di bank btn syariah kantor cabang cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh etika profesi dan profesionalisme terhadap pencegahan fraud pada bank syariah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, data yang di ambil pada penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Teknik pengambilan data menggunakan metode observasi dan penyebaran kuesioner. Pada Metode analisis data penelitian ini menggunakan uji regresi linier berganda menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Variabel Etika Profesi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Pencegahan Fraud pada Bank BTN Syariah Kantor Cabang Cirebon sebesar 65,49%. 2) Variabel Profesionalisme tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel Pencegahan Fraud pada Bank BTN Syariah Kantor Cabang Cirebon sebesar -6,42%. 3) Variabel Etika Profesi dan Profesionalisme secara simultan mempengaruhi variabel Pencegahan Fraud pada Bank BTN Syariah Kantor Cabang Cirebon sebesar 0,591 atau 59,1%. Kata Kunci : Etika Profesi, Profesionalisme, Pencegahan Fraud

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 29 Jul 2024 05:35
Last Modified: 29 Jul 2024 05:35
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13669

Actions (login required)

View Item View Item