PENGELOLAAN ZAKAT PRODUKTIF SEBAGAI UPAYA PEMBERDAYAAN EKONOMI UMAT DALAM PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2011 TENTANG PENGELOLAAN ZAKAT (Studi Kasus di BAZNAS Kabupaten Indramayu), 2024..

Adelia Beby Rukhillah, (2024) PENGELOLAAN ZAKAT PRODUKTIF SEBAGAI UPAYA PEMBERDAYAAN EKONOMI UMAT DALAM PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2011 TENTANG PENGELOLAAN ZAKAT (Studi Kasus di BAZNAS Kabupaten Indramayu), 2024.. Bachelor thesis, S1-Hukum Keluarga Islam Syariah.

[img] Text
2008202087_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008202087_2_bab1.pdf

Download (396kB)
[img] Text
2008202087_6_bab5.pdf

Download (184kB)
[img] Text
2008202087_7_dafpus.pdf

Download (257kB)

Abstract

Zakat merupakan suatu ibadah maliyah yang menyangkut hubungan antara manusia dengan sesama manusia dan hubungan antara manusia dengan Allah SWT. Zakat yang diberikan kepada mustahik akan berperan sebagai pendukung peningkatan ekonomi mereka apabila dikonsumsikan pada kegiatan produktif. Pengembangan zakat bersifat produktif dengan cara dijadikannya dana zakat sebagai modal usaha, untuk pemberdayaan ekonomi penerimanya, dan supaya fakir miskin dapat menjalankan atau membiayai kehidupannya secara konsisten. Fokus penelitian yang diteliti ialah, Pertama, Bagaimana peran BAZNAS Kabupaten Indramayu dalam mengelola zakat produktif sebagai Upaya pemberdayaan ekonomi umat? Kedua, Apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat BAZNAS Kabupaten Indramayu dalam mengelola zakat produktif? Ketiga, Bagaimana pandangan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 terhadap program pengembangan zakat produktif oleh BAZNAS Kabupaten Indramayu?. Metode yang digunakan penulis adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif analisis yang bersifat studi kasus dan dilengkapi oleh sumber data primer dan sekunder. Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Indramayu merupakan lembaga yang dibentuk oleh pemerintah dan berwenang melakukan tugas pengelolaan zakat secara nasional dalam pengelola zakat melaksanakan proses pengumpulan, pendistribusian dan pendayagunan, pelaporan dan pertanggung jawaban serta pembiayaan kepada pemerintah seluruh proses pengelolaan zakat yang melibatkan objek dan subjek akan mendapatkan pembinaan dan pengawasan. Pada praktiknya di lapangan banyak ditemukan kendala dan permasalahan. Adapun faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pengelolaan zakat produktif di BAZNAS Kabupaten Indramayu terdiri dari faktor pendukung dan penghambat. Pandangan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 terhadap program pengembangan zakat produktif di BAZNAS Kabupaten Indramayu. Dalam pengelolaan zakat BAZNAS Kabupaten Indramayu berpedoman pada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat. Kata Kunci: Zakat Produktif, Pemberdayaan Ekonomi, Pengelolaan Zakat, BAZNAS Kabupaten Indramayu

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 29 Jul 2024 05:01
Last Modified: 29 Jul 2024 05:01
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13670

Actions (login required)

View Item View Item